PEMBERDAYAAN EKS TKI TENTANG PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN INSTALANSI LISTRIK, AC, RUMAH TINGGAL 1 FACE (PENGABDIAN MASYARAKAT BAGI EKS TKI CAB. SUBANG)

  • Irzan Zakir Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi di bidang teknik instalasi listrik sangat berkembang pesat dan beragam. Untuk memasang instalasi listrik tersebut perlu perencanaan dan pemasangan instalasi listrik sesuai yang sistematis sesuai dengan prosesdur dan standar yang telah ditetapkan melalui Persyaratan Umum lnstalasi Listrik (PUIL) tahun 2010, secara berkala ataupun pemeliharaan dan perbaikan yang bersifat ituasional sesuai kebutuhan. Kebutuhan tersebut memerlukan teknisi yang handal, yang memilikipengetahuan, keterampilan, kemampuan dan menguasai serta dapat mengatasi permasalahan yang ada dikelistrikan.
Salah satu Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Dosen sebagai sumbangsih terhadap kepedulian lingkungan sekitarnya adalah dengan memberikan pengetahuan ketrampilan Teknik Instalasi ListrikA C 1 Jase di rumah tinggal yang sangat bermanJaat bagi masyarakat khususnya bagi eks Tenaga Kerjalndonesiayangpernah bekerja di luar negeri di wilayah Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Baral.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan maaJaat agar Peserta menguasi tentang Teknik Instalasi Listrikpenerangan dan tenaga AC 1 Jase, Peserta juga mampu menguasai hubungan dasar instalasi listrik dengan baik dan benar, serta memberi ilmu yang konkrit dan bermanJaat setelah peserta Eks TKI pria dan wanita memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknik instalasi listrik AC 1 Jase dengan baik dan benar.
Universitas negeri Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Jawa Baral untuk kegiatan - kegiatan Pengabdian Pada Masyatrakat yang tepat guna dan tepat sasaran, khususnya dan pada umumnya Pemerintab Provinsi Jawa Baral. Sehingga manJaat pengabdian masyarakat benar - benar turun ke bawah atau kelapangan.

Kata Kunci : Teknik Instalasi Listrik, Tenaga Kerja Indonesia, Pengabdian Masyarakat

Published
2016-12-30