PEMBINAAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PELATIHAN EFFECTIVE BUDGETING SKILL BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA RAWAMANGUN-JAKARTA TIMUR

  • Mardi Mardi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Tjuju Fatimah Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Santi Susanti Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Indriani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kewirausahaan, mahasiswa

Abstract

Kegiatan  ini  merupakan  salah  satu upaya  untuk  membantu  perkembangan  kegiatan  kewirausahaan yang kondusif   bagi mahasiswa di lingkungan kampus. Praktek kegiatan kewirausahaan sangat mendapatkan perhatian dari berbagai pihak , baik dari dalam ataupun dari luar kampus. Hal ini selaras dengan  pengembangan  wira  usaha  kreatif  dalam  menggerakkan  perekonomian  yang  mandiri,  Efek yang dirasakan adalah banyaknya sarana prestasi yang dapat dicapai oleh mahasiswa sebagai pemicu semangat dengan adanya berbagai lomba dengan hadiah menarik yang dapat diikuti.  Walaupun hal ini hanya pemacu akan tetapi kegiatan – kegiatan tersebut merupakan pemupukan bibit wira usaha yang harus dikembangkan  dan dibina dengan baik.  Semua potensi yang telah ada tersebut butuh diarahkan untuk  dapat berkembang  dan tumbuh  ekspansif  dalam jangka panjang sehingga bisa berperan  aktif dalam perekonomian secara riil, seperti tujuan yang diharapkan.

 

Kendala yang ada pada mahasiswa pelaku wira usaha ini adalah sangat sedikit yang mempunyai visi & misi yang definitive secara jangka panjang terkait masa depan bisnisnya. Kebanyakan mereka hanya berorientasi jangka pendek dan melihat bagaimana nanti saja untuk perkembangan bisnis selanjutnya. Sehingga pada prakteknya, pengelolaan rencana masa depan baik dari sisi manajemen dan keuangan belum   terkelola      dengan   baik.   Pengarahan   tentang   perlunya   visi   dan   misi   yang   jelas   dan pengorganisasian  rencana,  pelaksanaan  kegiatan  ,  pengawasan,  dan  input  balik  secara berkesinambungan  merupakan bagian aplikasi dari anggaran  yang efektif. Pengetahuan  akan hal ini akan sangat  membantu  mereka  dalam  mengelola  bisnisnya  menjadi  besar  dan sukses  , bagaimana mulai  dari  MIMPI   yang  Jelas  (Go  Nasional   dalam  3  tahun),   mengorganisir   dokumen   (bukti pengeluaran  dan bukti  penerimaan),  mengklasifikasikan  ke dalam  akun  yang  diperlukan,  membuat projeksi strategi jangka pendek dan panjang, memprediksi biaya dan pendapatan berdasarkan strategi yang telah dibuat, dan melakukan control pencapaian atas leveling strategy (misal berdasarkan waktu pencapaian/ kualitas pelayanan).

Published
2014-05-31