PENINGKATAN KEMAMPUAN MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA MELALUI PELATIHAN SABLON AGAR DAPAT BERWIRAUSAHA

  • Etin Solihatin Jurusan PPKN Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta
  • Adi Wijanarko Jurusan PPKN Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) adalah salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen. Pelaksanaan pengabdian yang berupa pelatihan pada para mantan Tenaga Kerja Indonesia di Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat.


Pelatihan pembuatan produk sablon pada baju kaos, menghasilkan motivasi dan kreativitas pada kaum para mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), sehingga dalam waktu luangnya mereka dapat mengisi kegiatan kosong dengan membuat produk yang bermanfaat dan memberikan keterampilan baru.


Hasil yang diperoleh berupa produk baju kaos bersablon yang bertuliskan desa Mekarsari dipergunakan mereka masing-masing. Diharapkan mereka dapat berwirausaha dari hasil keterampilan pelatihan sablon, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan untuk keluarga.

Published
2016-05-31
How to Cite
SOLIHATIN, Etin; WIJANARKO, Adi. PENINGKATAN KEMAMPUAN MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA MELALUI PELATIHAN SABLON AGAR DAPAT BERWIRAUSAHA. Sarwahita, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1 - 5, may 2016. ISSN 2597-8926. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/3725>. Date accessed: 26 sep. 2017.
Citation Formats