PELATIHAN BERWIRAUSAHA EDIT VIDEO SHOOTING DAN EVENT ORGANIZER BAGI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) PURNA DI SUKABUMI JAWA BARAT

  • Dedi Purwana Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Kegiatan Pelatihan berwirausaha Edit video Shooting dan Event Organizer Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) purna Di Sukabumi Jawa Barat, bertujuan: (1) Untuk melatih para TKI Purna memiliki kemampuan literasi keuangan sebagai modal berwirausaha; (2) Untuk melatih para TKI Purna berwira- usaha membuka jasa editing video shooting, dan (3)   Untuk melatih para TKI Purna berwirausaha dengan menjadi pelaku event organizer.


Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah para TKI Purna di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, khususnya di Desa di Desa Cibolang, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat sejumlah 25 orang.


Kegiatan ini dilakukan dalam dua materi penting yang sangat terkait dengan pelatihan berwirausaha TKI Purna, yaitu Edit Video Shooting dan Even Organizer. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari, yaitu tanggal 20 Agustus 2016. Pada tahap pertama diberikan materi Edit Video Shooting, agar para TKI Purna bisa membuka jasa di bidang tersebut. Selanjutnya pada tahap kedua diberikan materi keterampilan even organizer agar para TKI Purna bisa membuka usaha di bidang tersebut.


Berdasarkan hasil pelatihan yang sudah dilakukan didapat beberapa kesimpulan di antaranya: (1) Para TKI Purna sudah memiliki kemampuan literasi keuangan sebagai modal berwirausaha; (2) Para TKI Purna sudah memiliki kemampuan edit video shooting sebagai bekal berwirausaha di bidang tersebut, dan (3) Para TKI Purna sudah memiliki kemampuan even organizer sebagai bekal untuk berwirausaha di bidang tersebut.

Published
2016-10-31
How to Cite
PURWANA, Dedi. PELATIHAN BERWIRAUSAHA EDIT VIDEO SHOOTING DAN EVENT ORGANIZER BAGI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) PURNA DI SUKABUMI JAWA BARAT. Sarwahita, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 49 - 56, oct. 2016. ISSN 2597-8926. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/3734>. Date accessed: 26 sep. 2017.
Citation Formats