PELATIHAN MENYUSUN RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN) BAGI PENGUSAHA KECIL DI DESA BANTAR WARU

  • Corry Yohana Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Training, Business Plan

Abstract

ABSTRAK

 Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk Memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada individu/pengusaha kecil dilingkungan desaBantarwaru   untuk dapat menyusun perencanaan dan pengelolaan usaha bagi usaha yang telah dijalankan.

Metode penelitian yang digunaka adalah metode   klasikal dengan pendekatan diskusi/tanya jawab dan bisnis game (simulasi) dengan maksud agar materi dapat diterima oleh peserta dengan baik. Bimbingan/konsultasi dilakukan baik melalui satu sesi pertemuan terakhir dengan peserta, telpon maupun melalui surat

Hasil pelatihan menunjukan dengan adanya pelatihan ini para peserta memiliki pengetahuan dan keterampiilan praktis mengenai PembuatanRencana Usaha(Busines Plan) dan termotivasi untuk membuuat dan menggunakannya dalam usaha mereka  Berdasarkan hasil pelatihan ini dapat disimpulkan peserta menginginkan pengetahuan yang berkelanjutan. Sangat diharapkan memberikan pengetahuan dalam bentuk pelatihan yang rutin dan berkesinabungan.

ABSTRACT

The purpose of community service is to provide training and counseling to individuals / small entrepreneurs in the environment of the village of Bantarwaru to be able to arrange the planning and business management for the business that has been run.
The research method used is classical method with discussion / question and answer approach and game business (simulation) with the intention that the material can be accepted by the participants well. Guidance / consultation is conducted either through one last session with participants, telephone or by mail
The training results show that with this training the participants have the knowledge and practical practicality about the Busines Plan and are motivated to build and use it in their business. Based on the results of this training, it can be concluded that the participants want continuous knowledge. It is desirable to provide knowledge in the form of regular training and sustainable.

Published
2015-10-31