MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI WILAYAH TANGERANG SELATAN

  • Anton Noornia Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta
  • Aris Hadiyan Wijaksana Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta
  • Ibnu Hadi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Curriculum 2013, PTK, Education Software

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum 2013 (Kurtilas) telah dicanakan dan bahkan diterapkan. Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan di Kurtilas merupakan sesuatu yang relatif baru bagi guru, perlu pembiasaan dalam menerapkannya.  Pelatihan yang diberikan pemerintah untuk penguasaan Kurtilas sangat terbatas waktunya, untuk itu guru perlu dilatih bagaimana mengembangkan diri untuk bisa menerapkan Kurtilas dengan baik, pengetahuan mengenai pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah dikuasai siswa, sebagai alat pengembangan diri. Di samping  itu  perlunya  penguasaan  dan  bantuan  Teknologi,  Komunikasi  dan  Informasi amatlah penting dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, khsusnya Geometri. Oleh karena itu, perlu dikenalkan kepada para guru beragam softesre yang dapat membantu dan memaksimalkan pembelajaran di dalam kelas.

 

ABSTRACT

The 2013 curriculum (Kurtilas) has been adapted and even implemented. The learning approach developed in Kurtilas is something that is relatively new for the teacher, it is necessary to habituate in applying it. The training provided by the government for the control of Kurtilas is very limited, so teachers need to be trained in how to develop themselves to apply Kurtilas well, knowledge of the implementation of Classroom Action Research (PTK) must be mastered by students, as a tool of self-development. In addition, the need for mastery and assistance of Technology, Communication and Information is very important in the implementation of learning in the classroom, especially Geometry. Therefore, it should be introduced to teachers of various softesre who can help and maximize learning in the classroom.

Published
2015-10-31