PEMBUATAN APLIKASI DALAM MENGINTEGRASIKAN DATA KEUANGAN, DATA ORDER, DAN DATA STOK PADA UKM MOST BROTHERS DI DEPOK JAWA BARAT

  • Lasminiasih Lasminiasih Universitas Gunadarma
  • Sartika Sartika Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
  • Ranti Putri Pratiwi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Keywords: Sistem Informasi, Aplikasi, Laporan Keuangan, Data Order, Data Stok, Usaha Kecil Makro (UKM)

Abstract

Abstract

Most Brothers are Small Medium Enterprise (SME) in the printing or canvass clothes, shirts, hat, bags and others in the city of Depok. Currently, Most Brothers is still using the system of recording financial data, order data, and stock data manually or not computerized. This research aims to propose the use of a system information such as application in integrating financial data, order data, and stock data. The method used in this research is descriptive qualitative by conducting observations and interviews directly. In making application, used design database desktop based MYSQL application. The output produced by this application is a simple financial report consisting of income statement and cash flow. There is also a order data report to complete consumer orders in structured and timely. As well as, report of stock data to find out the number of raw materials available.

 

               Keywords: Information System, Application, Financial Report, Order Data, Stock Data, Small Medium Enterprises (SME)

 

Abstrak

Most Brothers adalah Usaha Kecil Makro (UKM) dalam bidang percetakan atau sablon baju, kaos, topi, tas dan lain-lain di kota Depok. Saat ini, Most Brothers masih menggunakan sistem pencatatan data keuangan, data order, dan data stok secara manual atau belum terkomputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan pembuatan sistem informasi berupa aplikasi untuk mengintegrasikan data keuangan, data order, dan data stok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan malakukan observasi dan wawancara secara langsung. Dalam pembuatan aplikasi, digunakan perancangan database berbasis desktop dengan aplikasi MySQL. Output yang dihasilkan aplikasi ini yaitu laporan keuangan sederhana yang terdiri dari laba rugi dan arus kas. Terdapat pula Laporan data order untuk menyelesaikan pesanan konsumen secara terstruktur dan tepat waktu. Serta, laporan data stok barang untuk mengetahui jumlah bahan baku produksi yang tersedia.

Published
2019-08-09