PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC JUMP TO BOX TERHADAP POWER OTOT TUNGKAI PEMAIN BOLA VOLI PADA TIM PUTRI PENJASKESREK UNDANA

  • Yudabbirul Arif Penjaskesrek, Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT
  • Xandra Faldo Ribut Alexander Penjaskesrek, Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Langsung Latihan Plyometric Jump To Box Terhadap Power Otot Tungkai Pemain Bola Voli Pada Tim Putri Penjaskesrek Undana?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah dengan latihan plyometric jump to box dapat meningkatkan power otot tungkai pemain bola voli tim putri Penjaskesrek Undana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana suatu penelitian yang dilakukan secara ketat untuk mengetahui hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel. Populasi penelitian ini seluruh pemain voli putri Penjaskesrek Undana yang berjumlah 23 orang. Adapun sampel penelitian ini adalah pemain voli tim putri Penjaskesre Undana berjumlah 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan pengukuran serta dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis uji-t, yang bertujuan untuk menentukan kesimpulan akhir suatu program pelatihan dengan menghitung hasil test awal dan test akhir apakah terdapat pengaruh yang signifikan atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan plyometric jump to box dapat meningkatkan power otot tungkai pemain bola voli tim putri Penjaskesrek Undana yaitu pada hasil pre-test nilai rata-rata pemain adalah 42,913 meningkat menjadi 49,739 pada hasil post-test. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai thitung 15,28 > dari nilai ttabel 1,717. Persentase peningkatan power otot tungkai mengalami peningkatan yaitu sebesar 15,906%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan plyometric jump to box dapat meningkatkan power otot tungkai pemain bola voli pada tim putri Penjaskesrek Undana.

References

Agung Widodo’. Pengaruh Latihan Plyometric Standing Jump dan Long Jump Terhadap Tinggi Loncatan Atlet Bola Voli Putra Usia 15-17 Tahun Ganevo SC Yogyakarta. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan, 2013.

Bayu Santoso. Pengaruh Latihan Pliometrik Front Jump Dan Side Jump Terhadap Power Otot Tungkai Atlet Bola Voli Putri Junior Yuso Yogyakarta. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan, 2016.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Buku I Materi Pelatihan Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SD/Pelatih Klub Olahraga Usia Dini SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Buku III Materi Pelatihan Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SD/Pelatih Klub Olahraga Usia Dini SD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999.

Hebert, Mike. Thinking volleyball. United States of America: Human Kinetics, 2014

Kosasih, Engkos. Olahraga Teknik Dan Program Latihan. Jakarta: Akademika Pressindo, 1993.

Lubis, Johansyah. Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

Mufidatul Hasanah. Pengaruh Latihan Pliometrik Depth Jump Dan Jump To Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Bolavoli Klub Tugumuda Kota Semarang. Skripsi pada Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan, 2013.

Oktaviani Tandean. Pengaruh Latihan Plyometrik Jump To Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Smpn 1 Tanjung Batu. Skripsi pada Universitas Sriwijaya: tidak diterbitkan, 2016.

Pomatahu, Aisah. Box Jump, Depth Jump Sprint, Power Otot Tungkai Pada Cabang Olahraga Pencak Silat. Yogyakarta: Zahir Publishing 2018.

Rahmansyah Putra’. Pengaruh Latihan Plyometric Jump To Box Dan Latihan Skipping Terhadap Tinggi Loncatan Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola SMA Negeri 5 Bandar. Skripsi pada Universitas Lampung: tidak diterbitkan, 2017.

Reynaud, Cecile The. volleyball coaching bible. Volume II. United States of America: Human Kinetics, 2015.

Reynaud, Cecile. American Sport Education Program Coaching volleyball technical and tactical skills. United States of America : Human Kinetics, 2011

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

Yusmar, Ali. “Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar” dalam Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, No.1/Tahun ke-1/Juli, 2017.
Published
2019-11-30