PENGARUH MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 13 KOTA BEKASI

  • Samsudin Samsudin Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta Indonesia
  • Sri Rejeki Universitas Negeri Jakarta Indonesia
  • Bonaventura Purnama Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Bagaimana motivasi dan apa yang menjadi motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 13 Kota Bekasi. Apa tujuan siswa mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 13 Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif presentase, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket/kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 13 Kota Bekasi yang berjumlah 10 anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,9% responden memiliki motivasi yang tinggi. 26,6% memiliki motivasi sedang. 5,5% memiliki motivasi rendah, dan tidak ada responden yang memiliki motivasi sangat rendah terhadap ekstrakurikuler Bola Voli di SMP Negeri 13 Kota Bekasi. Motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli lebih dipengaruhi oleh motivasi instrinsik dengan hasil presentase 51,28%, sedangkan untuk motivasi ekstrinsik hasil presentase 48,72%. Tujuan siswa mengikuti ekstrakurikuler Bola Voli adalah agar bisa bermain Bola Voli, menambah pengalaman baru, mengembangkan bakat, ingin berprestasi, menambah teman dan mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa di SMP Negeri 13 Kota Bekasi Jepara memiliki motivasi yang tinggi terhadap ekstrakurikuler Bola Voli, yaitu 67,9% responden. Saran kepada Pihak Sekolah diharapkan pihak sekolah ikut dalam usaha peningkatan prestasi siswa dengan cara memperhatikan sarana dan prasarana yang tersedia. Kepada pelatih diharapkan berusaha untuk menumbuhkan motivasi intrinsik dalam diri siswa, karena siswa yang termotivasi secara intrinsik akan menunjukkan keterlibatan dan aktifitas yang tinggi dalam berlatih Bola Voli.

 

References

Abraham Maslow. ‘’motivation and personality. 1943.

Achmad Rifa‟I dan Catharina Tri Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press, 2011.

Ade Yuliasari dan Nanang Indriarsa. Peran Dominan Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Siswa Putri Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Skripsi: UNS Surabaya, 2013.

Amal. Ekstrakurikuler sekolah. 2005. http://www.repository.upi.edu/ ekstra kurikulersekolah. (7 Januari 2013).

Anifral Hendri. Ekskul olahraga membangun karakter siswa. 2008. http://repository.upi.edu/ekstrakurikuler. (17 Januari 2013)

Ario Wiratmoko. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi: UNY Yogyakarta, 2012.

Dedy Sumiyarso. Keterampilan Bola Voli. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Ekstrakurikuler. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

H.J.S Husdarta. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta, 2010.

Hamdan. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa SMUN 1 Setu Bekasi. Skripsi: Universitas Gunadarma, 2009.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial, 1989.

Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, 2006.

Sekolah Punaji Setyosari. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Sodikun, Imam. Olah Raga Pilihan Bola Voli. 1992. Depdikbud: Dirjendikti. Proyek Pembina Tebaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional 2004.

Sugiyono. Statistik untuk penelitian. Alfabeta, 2006.

. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta, 2010.

. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta, 2006.

Sukandarrumidi. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, 2008.

Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional. 2005. http://www. google.co.id/ undang undang sistem keolahragaan nasional. (17 Januari 2013).
Published
2019-11-30