MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SDN 03 JELAMBAR BARU JAKARTA BARAT

  • YUSMAWATI YUSMAWATI Universitas Negeri Jakarta
  • Taufik Rihatno Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
  • Rismawanti Rismawanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melempar dengan media audio visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SDN 03 Jelambar Baru Jakarta Barat yang terdiri dari 30 siswa. Metode yang digunakan  yaitu metode Penelitian Action Research, yakni dengan memberi tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar melempar melalui media audio visual. Hasil penelitian,  yaitu melalui metode penelitian tindakan dengan menggunkan alat bantu belajar audio visual dapat meingkatkan hasil belajar gerak dasar melempar pada siswa kelas III SDN 03 Jelambar Baru Jakarta Barat, hal ini terlihat dari tingkat kelulusan subjek dari tes awal berjumlah 10 siswa atau presentase 33,3% sedangkan 20 siswa atau presentase 66,7% belum mencapai nilai kelulusan. Setelah melakukan tindakan siklus kedua hasil kelulusan meningkat signifikan semua siswa sudah dapat melakukan tahapan gerak dasar melempar dengan benar, kelulusan pada tes terakir berjumlah 30 siswa atau presentase 100%. 

References

Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri, (2010). Strategi Pembelajaran Sekolah Berstandar Internasional & Nasional, Jakarta: PT. Prestasi Putrakarya.
Arsyad, Azhar, (2010). Media Pembelajaran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Djamarah ,Syaiful Bahri, (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Galahue, David L. & John C. Ozmun, (1998). Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents, Adults, Singapura: McGraw-Hill Book Co.
Ma’mun, Anung, (1999). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak, Jakarta: dekdipbud Dirjendikdasmen.
Maksum, Ali, (2012). Metodelogi Penelitian dalam Olahraga, Surabaya: Unesa.
Miang, Teo-Koh Shock, Fundamental Movement Skills for Growing Active Learners, Singapore: The Singapore Sport Council.
Nazir, Moh, (2011). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Paruwayan, Sekar Purbawini, (2018). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya, Yogyakarta: UNY.
Rihatno, Taufik & Djumidar, (2015). Teori Dan Praktek Permainan Softball, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Rosdiani, Dini, (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung:Alfabeta.
Samsudin, (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI, Jakarta: Litera.
Saputra, Yudha M, (2001). Pembelajaran Atletik Di Sekolah Dasar, Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas.
Sudjana, Nana, (1989). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana, (1989). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sugiyanto, (1993). Belajar Gerak, Jakarta.
Sugianto, (1993). Pertumbuhan dan Perkembangan Gerak, KONI Pusat: Jakarta.
Sugiyanto & Sudjarwo, (1992). Materi Pokok Dan Perkembangan Belajar Gerak, Jakarta: Universitas Terbuka,.
Sukardi, (2003). Metode Penelitian Pendidikan Kopetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf, Syamsu, (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://www.frewaremini.com/2014/09/3-tiga-gerak-dasar-jasmani.html (di akses pada tanggal 26 Maret 2018)
Published
2020-05-30