PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR

  • Khaerudin Yunus
  • Ruslan Abdul Gani
  • Rekha Ratri Julianti

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran aktivitas air di SMP Negeri 4 Cikarang Barat karena siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cikarang Barat sudah menempuh pembelajaran aktivitas air namun belum pernah adanya penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cikarang Barat yang berjumlah 341 siswa. Teknik pengampilan sampel mengunakan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi sebanyak 13 siswa atau (17%) dalam kategori sangat baik, sebanyak 28 siswa atau (36%) dalam kategori baik, sebanyak 25 siswa atau (32%) dalam kategori cukup, sebanyak 12 siswa atau (15%) dalam kategori kurang baik.

References

Achmad, I. Z., & Yuda, A. K. (2013). Persepsi mahasiswa pjkr pada matakuliah pembelajaran permainan bola voli di universitas singaperbangsa karawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Adhitama, S. (2016). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas Air Di SMPN 2 Klaten. 41.
Adhitama, S. W. (2016). Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran Aktivitas Air di SMP Negeri 2 Klaten. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(5).
Anggraini, A. R., & Oliver, J. (2019). Persepsi siswa terhadap pembelajaran renang pada kelas X SMAN 1 Imogiri. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Arifin, B. (2013). Pengembangan gerak dasar renang untuk anak sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 1. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1523
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Cetakan Kesebelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritianto, A., & Hartoto, S. (2015). Pengaruh pengembangan pembelajaran renang gaya dada terhadap keterampilan renang gaya dada. Jurnal-Pendidikan-Jasmani, 03(02), 355–360.
Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Physical Fitness Swimming Athlete In UNSIKA aktifitasnya atau mengerjakan tugas dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i2.784 Physical
Hafina, A., Nur, L., & Rusmana, N. (2018). Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461
Julianti, R. R. (2013). Metode Pembelajaran Renang Gaya Bebas (Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Matakuliah Teori Dan Praktek Renang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf
Permendikbud, R. I. (2013). No. 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menenggah Atas. Madrasah Aliyah, Jakarta: Menkumham.
Pinaryo. (2016). Persepsi mahasiswa universitas muhammadiyah ponorogo terhadap program kewirausahaan mahasiswa. Aristo, 2(2), 53. https://doi.org/10.24269/ars.v2i2.22
Ruspiandi, Y. (2016). Persepsi siswa SMA N 1 Parigi pangandaran terhadap pembelajaran renang. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(4).
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D (cetakan ke). Bandung: CV Alfabeta.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wasan, A. (2011). Persepsi dan Sikap Mahasiswa terhadap Rubrik Gizi dan Kesehatan di Media Massa. 021, 47864808.
Wibowo, H., & Gani, R. A. (2018). Pendidikan jasmani materi ajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas vii SMP Negeri 2 Majalaya. Jurnal Speed, 1(1), 45–50.
Yuliawan, D. (2016). Pembentukan karakter anak dengan jiwa sportif melalui pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 101. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.661
Published
2021-05-03