UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK SILA MELALUI MEDIA ALAT BANTU UNTUK SISWA EKSTRAKULIKULER DI SMP N 232 JAKARTA

  • Muhammad Syaifudin Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Hernawan
  • Samsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sepak sila pada siswa ekstrakurikuler SMP N 232 DKI Jakarta melalui media alat bantu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) yang menggunakan media alat bantu yang dikaji kedalam beberapa siklus.  Sumber data penelitian adalah siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 232 Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data dilakukan setiap siklus sejak perencanaan, pelaksanaan, observasi hingga refleksi untuk komponen data yang diperlukan, yaitu data tentang program latihan yang disusun oleh pelatih serta data keterampilan sepak sila melalui tes awal dan akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data refleksi dalam setiap siklusnya berdasarkan hasil observasi yang terekam dalam catatan lapangan, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian serta analisis data dari peneliti dan kolabolator menunjukan bahwa, media alat bantu pada proses latihan sepaksila dalam permainan sepaktakraw yang diterapkan dapat meningkatkan hasil latihan sepaksila, hal ini dikarenakan dengan semngat dan motivasi mengikuti latihan para siswa dalam latihan, dalam latihan siswa tidak merasa monoton dan dengan ditambahkannya kompetisi mini dengan modifikasi siswa semakin semngat untuk menunjukkan hasil latihan yang mereka dapatkan.

References

Aji, T. (2014). Peningkatan keterampilan smash kedeng pada permainan sepaktakraw siswa sekolah dasar. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4 (1).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Armelia, F. (2008). Bermain Sepaktakraw. Semarang: PT. Aneka Ilmu.
Aziz Hakim, A. (2007). Sepaktakraw. Semarang: Unesa University Press.
Chen, S., Dai, H., Tang, J., & Xiao, R. (2018). Physiological Profile of Sepak Takraw University Players, 1(1), 63–66. https://doi.org/10.26480/icecsd.01.2018.63.66
Davyd J, G., & Levin, M. (1998). Introduction To Action Research. London: Sage Phublications.
Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
Firdaus, F., Suherman, A., & Susilawati, D. (2016). Meningkatkan gerak dasar sepak sila dengan menggunakan model pembelajaran stad “student teams achievement division”.
Gani, A. (2018). The Development of Sepak Takraw Skill Training Model Based on Drill Double Event in South Jakarta Club Takraw, 8(12).
Hananto, H. P., & Hari, A. R. (2013). Keterampilan bermain sepaktakraw atlet pelajar diy,1(1).
Jawis, M. N., Singh, R., Singh, H. J., & Yassin, M. N. (2005). Anthropometric and physiological profiles of sepak takraw players. British Journal of Sports Medicine, 39(11), 825–829, https://doi.org/10.1136/bjsm.2004.016915.
Novrianto, A. (2013). HUBUNGAN KESEIMBANGAN TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOLO. E-Journal Tadulako Physical Education,Health And Recreation, 1 (ISSN 2337 – 4535).
Sofyan Hanif, A. (2015). Kepelatihan Dasar Sepaktakraw. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.
Supriyoko, A. (2017). Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kids Atletik (Lempar Turbo), 17(1).
Tangkudung, J. (2016). Metode Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka.
Yusufhadi, M. (2005). Action Research di Perguruan Tinggi. Jakarta: Penelitian IBII.
Zainuddin, H. (2012). Sepak Takraw. Sejarah,Teknik Dasar Permainan & Peraturan Sepak Takraw. Jakarta: Aulia Cendekia Press.
Published
2020-11-20