Efek Kerja HIIT (High Intensity Interval Training) Treadmill selama 30 Menit terhadap Kehilangan Cairan Tubuh pada Member Pria MAG (Muscle Academy Gym)

  • Desmon Trisandi
  • Eko Juli Fitrianto
  • Yasep Setiakarnawijaya
Keywords: High Intensity Interval Training, Treadmill, Cairan Tubuh

Abstract

EFEK KERJA HIIT (HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING) TREADMILL SELAMA 30 MENIT TERHADAP KEHILANGAN CAIRAN TUBUH PADA MEMBER PRIA MAG (MUSCLE ACADEMY GYM)

 

Desmon Trisandi1, Eko Juli Fitrianto2, Yasep Setiakarnawijaya 2

 

1Program Studi Ilmu Keolahragaan

2Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Kampus B, Jakarta

 

 

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di Muscle Academy Gym FIK UNJ. Metode yang digunakan ialah eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Test dan Post-Test. Sampel yang digunakan berjumlah 15 orang dari 60 populasi member pria Muscle Academy Gym yang aktif.

Disampaikan tentang nilai rata-rata (x) dari hasil yang didapatkan pada tes awal 64,66 kg dan pada tes akhir 64,08 kg. Dari hasil analisis data diperoleh selisih rata-rata (MD) 0,58 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,123 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,032. Dalam perhitungan selanjutnya diperoleh nilai t-hitung sebesar 18,12 dan t tabel 2,14 pada taraf signifikan 5% dengan demikian nilai t hitung > t tabel yang menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh aktivitas kerja HIIT Treadmill selama 30 menit terhadap kehilangan cairan tubuh pada member pria Muscle Academy Gym.

Kata Kunci : High Intensity Interval Training, Treadmill,  Cairan Tubuh.

Published
2017-08-15