Hubungan antara Koordinasi Mata Tangan dan Agility dengan Kemampuan Flying Shoot pada Atlet Klub Bola Tangan Universitas Negeri Jakarta

  • Aulia Putri Lestari
  • Sujarwo Sujarwo
  • Tirto Apriyanto

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN AGILITY DENGAN KEMAMPUAN FLYING SHOOT PADA ATLET PUTRA KLUB BOLA TANGAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.


 


Aulia Putri Lestari1, Sujarwo2, Tirto Apriyanto2.


 


1Program Studi Ilmu Keolahragaan


2Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Kampus B, Jakarta


 


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata tangan dengan kemampuan flying shoot, hubungan agility dengan kemampuan flying shoot, hubungan antara koordinasi mata tangan dan agility secara bersama-sama dengan kemampuan flying shoot. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dari jumlah populasi 50 orang atlet bola tangan Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang sudah diketahui sebelumnya berdasarkan gender (laki-laki), pengalaman (kejuaraan) minimal kejurnas, aktif latihan 3 kali seminggu dengan melihat absen kehadiran saat latihan. Instrumen penelitian menggunakan tes koordinasi mata tangan dengan alat eye-hand coordination trainer, tes agility menggunakan tes side step senor, dan tembakan flying shoot menggunakan alat gawang sasaran angka. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika korelasi sederhana dan korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikasi a = 0,05. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditemukan hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat hubungan yang berarti antara koordinasi mata tangan dengan flying shoot, dengan persamaan garis linier Ŷ = 10 + 0,30 X1, koefisien korelasi (ry1) = 0,30 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,2209, yang berarti variabel koordinasi mata tangan memberikan sumbangan Dengan kemampuan flying shoot sebesar 22,1%. Kedua, Terdapat hubungan yang berarti antara agility dengan kemampuan flying shoot, dengan persamaan garis linier Ŷ = 10 + 0,47 X2., koefisien korelasi (ry2) = 0,47 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,2209 yang berarti variabelagility memberikan sumbangan dengan kemampuan flying shoot sebesar 22,1%. Ketiga, terdapat hubungan yang berarti antara koordinasi mata tangan dan agility dengan kemampuan flying shoot dengan persamaan garis linier Ŷ= 10 + 0,25X1 + 0,22X2, koefisien korelasi Ry1-2 = 0,37 dan koefisien determinasi (Ry1-2)² = 0,14 yang berarti variabel Koordinasi mata tangan dan agility memberikan sumbangan dengan  kemampuan flying shootsebesar 14%. Dalam penelitian ini koordinasi mata tangan dan agilitysecara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 14% pada kemampuan flying shoot. Untuk itu disarankan agar peneliti yang lain juga mencari faktor lain yang memberikan kontribusi yang baik dengan teknik kemampuan flying shoot.


Kata Kunci : Koordinasi Mata Tangan dan Agility, Flying Shoot, Bola Tangan.

Published
2017-08-15
How to Cite
LESTARI, Aulia Putri; SUJARWO, Sujarwo; APRIYANTO, Tirto. Hubungan antara Koordinasi Mata Tangan dan Agility dengan Kemampuan Flying Shoot pada Atlet Klub Bola Tangan Universitas Negeri Jakarta. SEGAR, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 48 - 59, aug. 2017. ISSN 2580-9849. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/segar/article/view/2940>. Date accessed: 25 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/segar.0402.02.
Citation Formats