Efektifitas Latihan Speed Play dan Interval Training terhadap Peningkatan Prestasi Lati 1500 Meter pada Klub Indonesia Muda

  • Deni Afrizal
  • Bambang Kridasuwarso
  • Ika Novitaria Marani

Abstract

EFEKTIFITAS LATIHAN SPEED PLAY DAN INTERNAL TRAINING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI LARI 1500 METER PADA KLUB INDONESIA MUDA ATLETIK JAKARTA


 


Deni Afrizal1, Bambang Kridasuwarso 2, Ika Novitaria Marani 2.


 


 


1Program Studi Ilmu Keolahragaan


2Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Kampus B, Jakarta


 


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas latihan Speed Play terhadap peningkatan prestasi lari 1500 meter, untuk mengetahui efektifitas Interval Training terhadap peningkatan prestasi lari 1500 meter, untuk mengetahui efektifitas antara latihan Speed Play dan Interval Training terhadap peningkatan prestasi lari 1500 meter. Pengambilan data dilaksanakan di lapangan D Senayan Jakarta pada tanggal 24 Maret sampai 28 April 2014 menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasi. Sampel yaitu, Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 16 orang dari populasi 30 orang atlet Indonesia Muda Atletik Jakarta dengan menggunakan teknik secara sengaja (purposive sampling) yaitu berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang sudah diketahui sebelumnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tes 1500 meter bersama-sama melakukan tes awal sebelum melakukan latihan lari speed play dan latihan interval dan melakukan tes akhir setelah mendapat latihan-latihan lari speed play dan latihan interval. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika standar deviasi dan varians yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikasi α = 5%.


Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditemukan hasil penelitian menunjukan: pertama, terdapat pengaruh peningkatan prestasi yang berarti dari kelompok latihan Interval Training, dengan rata-rata deviasi MD = 1,47 simpangan baku SD = 0,24 dan standar kesalahan mean SEMD = 0,09 hasil tersebut menghasilkan ttabel pada derajat kebebasan (dk) = n-1 = 7 dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai kritis ttabel = 2,365. kedua, terdapat pengaruh peningkatan prestasi yang berarti dari kelompok latihan speed play, dengan rata-rata deviasi MD = 0,53 simpangan baku SD = 0,25 dan standar kesalahan mean SEMD = 0,09 hasil tersebut menghasilkan ttabel pada derajat kebebasan (dk) = n-1 = 7 dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai kritis ttabel = 2,365. Dalam penelitian ini maka diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima. Membuktikan secara statistik bahwa latihan Interval Training lebih efektif dibandingkan dengan latihan Speed Play pada klub Indonesia Muda Atlet Jakarta.


Kata Kunci : Latihan Speed Play, Interval Training, Prestasi Lari

Published
2017-08-15
How to Cite
AFRIZAL, Deni; KRIDASUWARSO, Bambang; MARANI, Ika Novitaria. Efektifitas Latihan Speed Play dan Interval Training terhadap Peningkatan Prestasi Lati 1500 Meter pada Klub Indonesia Muda. SEGAR, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 73 - 81, aug. 2017. ISSN 2580-9849. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/segar/article/view/2942>. Date accessed: 22 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/segar.0402.04.
Citation Formats