Pengaruh Joging Selama 30 Menit terhadap Penurunan Kadar Gula dalam Darah Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta

  • Kuswahyudi Kuswahyudi
  • Fatah Nurdin
Keywords: joging, Kadar Gula dalam Darah, Mahasiswa

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh joging selama 30 menit terhadap penurunan kadar gula dalam darah pada mahasiswa program studi Ilmu Keolahragaan angkatan 2016 Universitas Negeri Jakarta.

            Penelitian ini dilaksanakan di lintasan Atletik Stadion Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur.Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan “One Group Pretest-Posttest Designâ€.Sampel berjumlah 20 orang dari jumlah keseluruhan populasi mahasiswa program studiIlmu Keolahragaan angkatan 2016.

            Instrumen penelitian yang digunakan adalah Glukometer. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibanding dengan t-tabel pada derajat kebebasan n-1 dan pada taraf signifikansi 0,05.

            Hasil perhitungan kadar gula dalam darah awal dan akhir setelah kerja joging diperoleh selisih rata-rata (Md) 14,47 dengan standar deviasi perbedaan (SDd) 7,86. Standar error perbedaan rata-rata (SEMd) 1,85, dalam perhitungan selanjutnya diperoleh nilai t-hitung 7,82 dan nilai t-tabel 2,10 pada taraf signifikan 0,05, dengan demikian nilai t-hitung > t-tabel yang menunjukkan bahwa hipotesa nihil (H0) ditolak dan hipotesa alternative (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa program joging selama 30 menit mempengaruhi penurunan kadar gula dalam darah pada mahasiswa  program studi Ilmu Keolahragaan angkatan 2016 Universitas Negeri Jakarta.

Kata Kunci: Joging, Kadar Gula dalam Darah, Mahasiswa.

Published
2017-11-13