Pemahaman Penanganan dan Pemberian Pertolongan Pertama dala Cedera Olahraga pada Anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta

  • Muhamad Reza Kusuma
  • Junaedi Junaedi
  • Yasep Setiakarnawijaya
Keywords: Pemahaman, Penanganan, Pertolongan Pertama, Cedera Olahraga

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman penanganan dan pemberian pertolongan pertama dalam cedera olahraga pada anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 20 Jakarta yang berlokasi di Jalan Rantai Mas, KPAD Bulak Rantai Kramat Jati, Jakarta Timur. Pada tanggal 9 Juni 2016.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel yang digunakan adalah anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta Timur yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan total sampling menggunakan kuisioner yang digunakan dalam berbentuk pernyataan dengan menggunakan Skala Guttman.

            Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : sebanyak 23 anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta Timur (92%) memiliki pemahaman penanganan dan pemberian pertolongan pertama dalam cedera olahraga yang baik, sebanyak 2 anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta Timur (8%) memiliki pemahaman yang cukup serta tidak ada anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta Timur (0%) yang memiliki pemahaman yang kurang dan tidak baik.

Kata Kunci:Pemahaman, Penanganan,Pertolongan Pertama, Cedera Olahraga

Published
2017-11-13