Pengaruh Metode Latihan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Smash Pemain Bulutangkis SMA Titian Teras Kota Jambi

  • Atri Widowati

Abstrak

Abstrak: Berdasarkan pengamatan tersebut, para pemain SMA Titian Teras Kota Jambi, Jambi dalam melakukan smash sering gagal, apalagi metode pertarungan tidak sistematis dan kemampuan teknik pemain masih kalah sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Komando, Eksplorasi dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghancurkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental; Populasi penelitian adalah siswa SMA Titian Teras Kota Jambi Jambi sebanyak 0,79 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah 73 siswa setelah disalurkan ke dalam kelompok, 27% tingkat kecerdasan emosional tinggi dan 27% tingkat kecerdasan emosional rendah. Instrumen penelitian ini adalah uji kemampuan smash swhich yang memberi kesempatan untuk melakukan sampel sepuluh kali menghancurkan kotak yang ditentukan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan metode pelatihan kelompok antara kelompok dengan komando dan eksplorasi, (2) terdapat interaksi antara metode pelatihan dan kecerdasan emosional dalam pengaruhnya terhadap kemampuan smash, (3) tingkat tinggi kecerdasan emosional, metode komando lebih efektif daripada metode eksplorasi yang mudah rusak, (4) lebih jauh lagi, pada tingkat kecerdasan berpendapat yang rendah, metode eksplorasi lebih efektif daripada metode komando dalam kemampuan smashcapability.

Kata kunci : Metode latihan komando, Metode latihan eksplorasi,   Kecerdasan emosional, Kemampuan smash bulutangkis.

Diterbitkan
2017-12-20