Model Latihan Drive Tenis Meja Kategori Pemula Untuk Klub

  • Edho Pranata
  • Widiastuti Widiastuti

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model latihan drive tenis meja kategori pemula untuk klub. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model latihan drive. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet kategori pemula yang terdiri dari 30 atlet.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen tes keterampilan drive yang digunakan untuk mengumpulkan data, adapun tahapan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli, (3) uji coba terbatas, serta (4) uji coba utama. Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan gerak untuk mengetahui tingkat keterampilan drive atlet. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh nilai forehand drive sebesar 779 dan backhand drive sebesar 747. Kemudian setelah diberikan perlakuan terjadi peningkatan forehanddrive sebesar 1094 dan backhand drive sebesar 1031. Maka model latihan drive tenis meja kategori pemula untuk klub ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan drive atlet.

Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model latihan drive ini atlet dapat berlatih dengan lebih efektif dan efisien, (2) Dengan model latihan drive ini, diperoleh peningkatan yang ditunjukkan pada hasil pre-test dan post-test adanya perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Drive, forehand drive, backhand drive, latihan, tenis meja.

Published
2018-11-19