Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot dengan Menggunakan Metode Bagian Perbagian (Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Prodi PJKR STKIP Pasundan Cimahi

  • Akhmad Sobarna
  • Ruslan Rusmana
  • Yopi Meirizal

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan lay up shoot permainan bola basket pada mahasiswa prodi PJKR STKIP Pasundan.  Subjek penelitian adalah 25 orang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan desain Kemmis dan Taggart. Keterampilan yang dinilai adalah produk dan hasil keterampilan lay up shoot pada saat sikap awalan, langkah panjang, langkah pendek, shooting dan follow Throught. Prosentase ketercapaian KKM pada pra siklus penilaian produk sebesar 28% (7 orang mahasiswa). Pada siklus 1 dilakukan perlakuan menggunakan metode bagian perbagian dan didapat peningkatan persentase ketercapaian KKM menjadi sebesar 72% (18 orang mahasiswa) Pada siklus II didapat peningkatan persentase ketercapaian KKM menjadi sebesar 84% (21 orang mahasiswa) . Sedangkan pada penilaian proses juga sama pada pra siklus sebesar 28% (7 orang mahasiswa). Diberikan perlakuan pada siklus I dan didapat peningkatan persentase ketercapaian KKM menjadi sebesar 60% (10 orang mahasiswa). Pada siklus II didapat peningkatan 88% (22 orang). Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa metode bagian perbagaian dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan lay up shoot pada permainan bola basket.

Kata Kunci: Metode bagian, pembelajaran, lay up.

Published
2018-11-19