PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI GURU DI DKI JAKARTA

  • Raharjo Universitas Negeri Jakarta
  • Etin Solihatin Universitas Negeri Jakarta
  • Yuyus Kardiman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Learning media, e-learning, covid-19

Abstract

ABSTRACT

The Covid-19 or Coronavirus has caused concern, fear, and even caused casualties, so the government  issued a prevention of the virus, including a policy of closing schools to study at home. Then replace it with  learning in bold or online. The problem is that not all schools and teachers can quickly and be able to do  online learning or be brave properly. Therefore, one solution is through community service activities with  activities including training on making websites as e-learning media for learning in schools, especially for  teachers in DKI Jakarta and its surroundings. This activity was carried out starting on Saturday, August  29, 2020, which was attended by 57 participants, and was followed with full enthusiasm from all  participants who came from the general public and teachers of SD, SMP, and SMA from the Jakarta and  Bekasi areas. The method used in this activity is the training method, practice, and guidance, with the  preparation stage, the meeting via zoom, and the monitoring stage via WhatsApp. The output of this training  activity is that teachers have more understanding, ability, and skills in creating a website as a medium for  e-learning in schools so that the quality of learning increases. The evaluation results of the assessment  participants strongly agree (56%) that the material presented is good, strongly agree (67%) that the  material is very important for improving the quality of learning, and strongly agree (78%) that the training  material is very useful.

ABSTRAK 

Virus Covid-19 atau Corona telah menimbulkan, kehawatiran, ketakutan dan bahkan telah menimbulkan  korban nyawa, sehingga pemerintah mengeluarkan upaya pencegahan virus tersebut antara lain kebijakan  meliburkan sekolah untuk belajar di rumah. Selanjutnya menggantinya dengan pembelajaran secara  daring atau online. Masalahnya adalah tidak semua sekolah dan guru dapat secara cepat dan mampu  melakukan pembelajaran secara online atau daring secara baik. Oleh karena itu salah satu solusinya  adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatannya antara lain pelatihan  pembuatan website sebagai media pembelajaran e-learning di sekolah, khususnya bagi guru di wilayah  DKI Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Sabtu, 29 Agustus 2020 yang diikuti  oleh sebanyak 57 peserta, dan diikuti dengan penuh antusias dari seluruh peserta yang berasal dari umum  dan guru SD, SMP dan SMA dari wilayah Jakarta, dan Bekasi, Metode yang digunakan dalam kegiatan ini  adalah dengan metode pelatihan, praktik dan pembimbingan, dengan tahapan persiapan, pelatihan melalui  zoom meeting dan tahap monitoring melalui whatshapp. Output dari kegiatan pelatihan ini adalah guru  lebih memiliki pemahaman, kemampuan dan ketrampilan dalam membuat sebuah website sebagai media  pembelajaran e-learning di sekolah, sehingga kualitas pembelajaran menjadi meningkat. Dan dari hasil  evaluasi peserta menilai sangat setuju (56%) bahwa materi yang disampaikan sudah baik, sangat setuju  (67%) bahwa materi sangat penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran, dan sangat setuju (78%)  materi pelatihan sangat bermanfaat. 

Published
2020-12-20
How to Cite
Raharjo, Solihatin, E., & Kardiman , Y. (2020). PEMBUATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI GURU DI DKI JAKARTA . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-17 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19612