PENGEMBANGAN KAPASISTAS PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSI DI KELAS VIRTUAL PADA MASA PANDEMIK COVID 19

  • Hikmah Universitas Negeri Jakarta
  • Sihadi DW Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Kuswantono Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Emotional Social Learning, PAUD Educators, Learning during the Covid pandemic 19

Abstract

ABSTRACT

Every early childhood has a variety of abilities that need to be supported and developed optimally. One of the abilities that need to be developed is emotion. Good social emotional development in early childhood correlates with cognitive development and also creates a strong basis for data on children in school. However, the problem is that PAUD educators do not understand how to apply social and emotional learning to children. Especially during the pandemic which made all children's learning activities carried out online. The implementation of emotional social learning in schools is becoming increasingly difficult for PAUD educators. The purpose of this community service program is to help educators overcome the problems of educators in teaching children's social emotions by utilizing online media. The method of implementing this program is teacher training which is conducted online through the zoom application. At the end of the activity we provided a pool for the participants to see the benefits of this activity. Given the pandemic conditions, the activity was carried out boldly. Of the 1134 participants who attended stated that this seminar was very useful, 70% and 30% were reported. Participants also said that this activity helps teachers develop insights into online social emotional learning. Based on the results of the evaluation, it can be ignored that this activity was successful and useful.

ABSTRAK

Setiap anak usia dini memiliki berbagai macam kemampuan yang perlu didukung dan  dikembangkan dengan optimal. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan adalah  sosial emosi. Perkembangan sosial emosi yang baik pada anak usia dini berkorelasi dengan  perkembangan kognitif dan juga menciptakan dasar yang kuat dalam keberhasilan pencapaian  anak di sekolah. Akan tetapi permasalahannya pendidik PAUD kurang memahami bagaimana  menerapkan pembelajaran sosial dan emosi pada anak. Terlebih pada masa pandemi yang  membuat seluruh kegiatan belajar anak dilakukan secara online. Sehingga penerapan  pembelajaran sosial emosi di sekolah menjadi semakin sulit bagi pendidik PAUD. Tujuan  program pengabdian masyarakat ini untuk membantu pendidik mengatasi permasalahan  pendidik mengajarkan sosial emosi anak dengan memanfaatkan media online. Metode  pelaksanaan program ini adalah pelatihan guru yang dilakukan secara online melalui aplikasi  zoom. Pada akhir kegiatan kami memberikan pooling pada peserta untuk melihat  kebermanfaatan kegiatan tersebut.Mengingat kondisi pandemi maka kegiatan dilakukan  secara daring. Dari 1134 peserta yang hadir menyatakan bahwa seminar ini sangat  bermanfaat 70% dan 30 % menyatakan bermanfaat. Peserta juga menyampaikan bahwa  kegiatan ini membantu guru dalam mengembangkan wawasan pembelajaran sosial emosi  secara online. Berdasarkan hasil evaluasi maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini  berhasil dengan baik dan bermanfaat 

Published
2020-12-20
How to Cite
Hikmah, DW, S., & Kuswantono , S. (2020). PENGEMBANGAN KAPASISTAS PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSI DI KELAS VIRTUAL PADA MASA PANDEMIK COVID 19 . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-1 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19619