PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI METODE PELATIHAN, PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI JAWA BARAT DAN BANTEN

  • Indri Sari Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yus Rama Denny
  • Yudi Guntara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: training, implementation, mentoring, CAR

Abstract

Abstract

Classroom Action Research (CAR) is a basic need that must be done by a teacher to find problems in their class to find the right solution in order to produce effective learning. In order to support this CAR for elementary school teachers, this service activity was carried out. This service aims to motivate teachers to carry out CAR, provide understanding to mentoring, from planning the CAR to making the final report. The method of community service is training, implementing and mentoring CAR activities. All activities were carried out online during the Covid-19 pandemic. This activity was attended by elementary school teachers from West Java and Banten. The training process is carried out online by describing material about CAR and discussions until the teachers find problems in their class. After that the implementation of each CAR cycle was recorded and then sent for discussion together. Assistance in making CAR proposals, improving learning every cycle, and making the final report were carried out intensively for one month. The results of this dedication show that teachers have increased their understanding of CAR. Through the results of the questionnaire, it was found that the understanding of CAR was increased, many ideas emerged to become problems and solutions in the CAR. So that they are motivated to carry out CAR to solve other problems in their class.

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu kebutuhan dasar yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk menemukan masalah di dalam kelasnya hingga menemukan solusi yang tepat agar menghasilkan pembelajaran yang efektif. Guna mendukung PTK ini untuk guru-guru sekolah dasar maka dilaksanakan kegiatan pengabdian ini. Pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi guru untuk melaksanakan PTK, memberi pemahaman hingga pendampingan dari mulai perencanaan PTK sampai pembuatan laporan akhir. Metode dalam pengabdian adalah pelatihan, penerapan dan pendampingan kegiatan PTK. Seluruh kegiatan dilakukan secara online dalam masa pandemi covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru sekolah dasar dari Jawa Barat dan Banten. Proses pelatihan dilakukan secara online dengan menjabarkan materi mengenai PTK dan diskusi hingga para guru menemukan masalah dalam kelasnya. Setelah itu penerapan setiap siklus PTK direkam lalu dikirim untuk didiskusikan bersama. Pendampingan pembuatan proposal PTK, perbaikan pembelajaran setiap siklus, hingga pembuatan laporan akhir dilakukan secara intensif selama satu bulan. Hasil dari pengabdian ini memperlihatkan guru-guru mengalami peningkatan pemahaman mengenai PTK. Melalui hasil kuesioner didapatkan peningkatan pemahaman PTK, banyak ide yang muncul untuk dijadikan masalah dan solusi dalam PTK. Sehingga mereka termotivasi untuk melaksanakan PTK untuk menyelesaikan masalah lain di kelasnya.

Published
2020-12-20
How to Cite
Utami, I. S., Denny, Y. R., & Guntara, Y. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI METODE PELATIHAN, PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI JAWA BARAT DAN BANTEN. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-286 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19664