PELATIHAN PEMBUATAN MODEL LATIHAN FISIK PENDAKI PEMULA UNTUK SISWA ANGGOTA PECINTA ALAM TINGKAT SMA DI DKI JAKARTA

  • Hartman Nugraha Universitas Negeri Jakarta
  • Hernawan Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Barata Universitas Negeri Jakarta
  • Masnur Ali Universitas Negeri Jakarta
Keywords: physical exercise model, novice climber

Abstract

Abstract

The purpose of this service activity is to increase the insight of high school nature lovers in terms of basic knowledge about physical exercise as a support for organizational activities in outdoor activities. In this training students will be given various understandings and also examples of physical exercises that can be applied after they have attended the training. Thus the school as a center of education will be a driving force in developing student interests and talents. Apart from that, with this training schools will also gain knowledge about the importance of proper physical exercise for students so that events that often occur in nature, due to a lack of knowledge about the preparations that will be carried out before doing activities in nature, will be reduced because of it. This activity will be held in 2 areas of Jakarta and will be attended by around 50 students who are members of the nature lovers at the school. The community service method uses training for students to be able to understand and increase knowledge about several forms of physical exercise for students who are nature lovers. This activity will be carried out continuously and adjusting to the learning schedule in schools in the period April - October 2020. The results of this activity will target the output of the activity in the form of making activity videos and sharing them on the Youtube video sharing network site.

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan wawasan para siswa anggota pecinta alam tingkat SMA dalam hal pengetahuan dasar tentang latihan fisik sebagai penunjang kegiatan organinsasi di kegiatan alam terbuka. Dalam pelatihan ini para siswa akan diberikan berbagai pemahaman dan juga contoh latihan fisik yang dapat diterapka setelah mereka mengikuti pelatihan tersebut. Dengan demikian sekolah sebagai pusat pendidikan akan menjadi pendorong dalam pengembangan minat dan bakat siswa. Selain daripada itu, dengan pelatihan ini juga sekolah akan mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya latihan fisik yang benar bagi siswa sehingga kejadian yang kerap terjadi di alam, karena kurangnya pengetahuan tentang persiapan yang akan dilakukan sebelum melakukan kegiatan di alam akan menjadi  berkurang karenanya. Kegiatan ini akan dilaksanakan di 2 wilayah Jakarta dan akan diikuti sekitar 50 siswa yang merupakan anggota pecinta alam di sekolah tersebut. Adapun metode pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pelatihan kepada  para siswa untuk dapat memahami dan menambah pengetahuan tentang beberapa bentuk latihan fisik bagi siswa anggota pecinta alam. Aktifitas ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan menyesuaikan dengan jadual pembelajaran di sekolah dalam kurun waktu bulan April – Oktober 2020. Hasil kegiatan ini akan menargetkan luaran kegiatan berupa pembuatan video kegiatan dan membagikannya ke situs jejaring berbagi video Youtube.

Published
2020-12-20
How to Cite
Nugraha, H., Hernawan, Barata, I., & Ali, M. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MODEL LATIHAN FISIK PENDAKI PEMULA UNTUK SISWA ANGGOTA PECINTA ALAM TINGKAT SMA DI DKI JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-210 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19679