PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN, DAN VARIABILITAS PERSEDIAAN TERHADAP NILAI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018

  • Yanti Yanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Persediaan, Ukuran perusahan, variabilitas harga pokok penjualan, dan variabilisas persediaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, variabilitas harga pokok penjualan, dan variabilitas persediaan terhadap nilai persediaan pada perusahaan manufaktur dan dagang yang terdaftar di bursa efek indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan perusahan dagang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 sampai 2018. Sampel penelitian sebanyak 79 perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang yang diperoleh dengan knik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel variabilitas harga pokok penjualan tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai persediaan, dibuktikan nilai signifikansi 0,514 > 0,05. Sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap nilai persediaan, dibuktikan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan variabilitas persediaan berpengaruh terhadap nilai persediaan, dibuktikan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel ukuran perusahaan, variabilitas harga pokok penjualan dan variabilitas persediaan berpengaruh signifikan terhadap nilai persediaan pada perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018 sebesar 68,06%.

Published
2020-08-08
How to Cite
Yanti, Y. (2020). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN, DAN VARIABILITAS PERSEDIAAN TERHADAP NILAI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 15(1), 73-84. https://doi.org/10.21009/wahana.15.016