HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN: JURNAL PENELITI DAN PRAKTISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.21009/JP2PAUD.032.06Keywords:
isi, format, artikelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Pentingnya peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan anak khususnya kemampuan mebaca sebagai salah satu acuan untuk meneliti masalah tersebut. Metodologi penelitian digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan gform dengan skala likert sebagai acuan pengukurannya. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan didapat sebanyak 50 orang tua sebagai respondennya dari RW 004, RW 007 yang bertempat tinggal di Kelurahan Pondok Karya. Hasil menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,493 pada taraf siginifikan 0.05 atau 5% sehingga, H0 ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Penerimaan hipotesis alternatif menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara peran orang tua dnegan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Peran oran tua memiliki hubungan sebesar 24% dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peran orang tua di RW 004, RW 007, dan RW 10 diKelurahan Pondok Karya berkontribusi sebanyak 24% dalam mengembangkan kemampuan membaca anak. Pada penelitian ini orang tua memahami pentingnya kemampuan membaca anak, namun kurangnya bahan ajar yang dimiliki menjadi salah satu yang menyebabkan kemampuan membaca anak berkurang.