PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN DAUR ULANG SAMPAH PRINSIP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Zahra Taqiyah Universitas Negeri Jakarta
  • Yuliani Nurani Universitas Negeri Jakarta
  • Eriva Syamsiatin Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JP2PAUD.032.05

Keywords:

Sampah, 3R, Mengurangi, Menggunakan Kembali, Mendaur Ulang

Abstract

Permasalahan lingkungan terbesar yang dihadapi oleh dunia saat ini adalah terkait sampah, setiap tahun jutaan ton sampah dihasilkan tanpa terkecuali negara Indonesia. Melihat adanya permasalahan yang belum terbenahi dengan baik dan benar, maka dari itu pengelolaan lingkuan sangat penting dalam rangka menjamin kualitas hidup manusia. Berangkat dari teori Environmental Moral Behavior (EMB) bahwa pendidikan lingkungan harus lebih digalakkan untuk memberikan kesadaran dalam memahami hubungan, kepedulian antara manusia, budaya dan lingkungan hidup. Pendidikan menjadi menjadi salah satu dari banyak metode yang akurat dapat menghasilkan generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan pemahaman akan kesadaran dari masalah tersebut, tanpa terkecuali Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan metode juga pemilihan cara pembelajaran yang tepat maka diharapkan ketercapaian dari tujuan bisa terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh buku cerita bergambar terkait daur ulang sampah prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) terhadap pemahaman anak usia dini usia 5-6 tahun di BKB PAUD SOKA Rawamangun, Jakarta Timur. Pada penelitian eksperimen ini menggunakan metode kuantitatif menunjukan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 26.0 bahwa nilai signifikasi 0,00<0,05 sehingga dengan ini menerima H1 yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan dari penerapaan dan penggunaan buku cerita bergambar terhadap pemahaman konsep daur ulang sampah prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recylce) anak usia 5-6 tahun diterima.

Downloads

Published

2024-12-10