ANALISIS DESIGN ANTARMUKA APLIKASI RUANG GURU PADA PERANGKAT MOBILE
Keywords:
Ruang Guru, Desain UI/UX, PelajarAbstract
Ruang Guru merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi sekolah. Ruang Guru menyediakan materi dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA. Banyak siswa yang cukup kesulitan untuk mendapatkan pembelajaran tambahan seperti bimbel dibawah institusi tertentu atau bimbel privat dimana hal tersebut membutuhkan biaya lebih dan waktu yang kaku. Fleksibilitas internet menjadi penghubung antara siswa dan pengajar di aplikasi Ruang Guru. Ruang guru menawarkan sebuah pengalaman belajar modern dimana waktu dan tempat tidak menjadi batasan. Pelajar dapat mengakses materi pelajaran dengan bermodalkan internet dan perangkat seluler dimana sudah terdapat materi, video, hingga soal latihan pembelajaran. Konsep dari Ruang Guru sendiri sudah mewakilkan bagaimana pembelajaran konvensional berjalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membedah desain antarmuka Ruang Guru jika ditelusuri secara komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengumpulkan data dari metode dokumentasi. Hasil dari simpulan jurnal ini akan melihat apakah Ruang Guru merupakan aplikasi yang dapat menyajikan desain UI/UX yang baik bagi penggunanya.