Sihir Osing dalam Ritual Penyembuhan

  • Fahmi Ilyas Universitas Indonesia
  • Sri Murni Universitas Indonesia
Keywords: Banyuwangi, Osing, penyembuhan, ritual, sihir

Abstract

Orang Osing seringkali diidentikkan oleh orang luar dengan kemampuan menggunakan sihir, santet dalam kehidupan keseharian mereka. Penelitian ini mencoba memahami penggunaan sihir dalam penyembuhan tradisional orang Osing melalui pendekatan kualitatif. Sihir Osing yang dipraktikkan dalam penyembuhan tradisional efek yang dihasilkan dari prosesi ritual. Sihir yang dikelompokkan  menjadi empat warna, yaitu putih, hitam, merah, dan kuning memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, dan salah satunya adalah untuk tujuan penyembuhan. Sihir yang dikenal orang Osing ini juga memiliki ciri-ciri yang serupa dalam aplikasinya, yaitu memerlukan adanya mantra, media untuk menyalurkan mantra, serta ‘meleburkan’ dunia spiritual dengan dunia material.

 

References

Albrecht, G.L., Fitzpatrick, R., dan Scrimshaw, SC. (Eds). (2000). The Handbook of Social Studies in Health dan Medicine. London: SAGE Publications Ltd.

Atkinson, P., dan Hammersley, M. (2007). Ethnography: Principles in Practice. Taylor dan Francis E-Library. Third. Routledge. https://doi.org/10.2307/2070079.

Afzal U., Muhammad, dan Cusack. C.M. (2021). Nahdlatul Ulama (NU): A Grassroots Movement Advocating Moderate Islam. In Handbook of Islamic Sects and Movements, Hal: 129–150. https://doi.org/10.1163/9789004435544.

BPS Kabupaten Banyuwangi. (2021). Kecamatan Songgon dalam Angka. Kabupaten Banyuwangi: BPS Kabupaten Banyuwangi. https://banyuwangikab.bps.go.id.

Manduhai, B. (1999). Who ‘Makes’ the Shaman?: The Politics of Shamanic Practices among the Buriats in Mongolia. Inner Asia 1 (2): 221–44.

Boholm, Å. (2015). Anthropology And risk. Ney York: Routledge.

Dalstrom, M. (2012). Strategies for seeking healthcare in Mexico. Practicing Anthropology 34, no. 4 Hal: 4–7. http://www.jstor.org/stable/24781979.

DeWalt, K.M., dan DeWalt, B.R. (2011). Participant Observation: A Guide for Fieldworkers. Maryland: AltaMira Press.

Ember, C.R. dan Ember, M. (Eds). (2006). Encyclopedia of Medical Anthropology Health. New York: Plenum Publishers.

Evans-Pritchard, E.E. (1935). Witchcraft. Africa: Journal of the International African Institute 8 (4): 417–22.

Evans-Pritchard, E.E. (1976). Witchcraft, Oracles and Magic among the Azande. Oxford University Press. https://doi.org/10.1038/140338a0.

Finkler, K. (1994). Sacred Healing and Biomedicine Compared. Medical Anthropology Quarterly 8 (2): 178–97.

Good, B.J., Fischer, M.M.J., Willen, S.S., dan Good, M-J. D.V. (Eds.) (2010). A Reader in Medical Anthropology. Wiley-Blackwell. https://id.images.search.yahoo.com/search/images;_ylt=Awr1UUwPTkJjlww9yqvNQwx.;_ylu=c2VjA3NlYXJjaARzbGsDYnV0dG9u;_ylc=X1MDMjExNDczMzAwNQRfcgMyBGZyA21jYWZlZQRmcjIDcDpzLHY6aSxtOnNiLXRvcARncHJpZANCR08xWW1tSFRJbUx4UkhXa0xDbGtBBG5fcnNsdAMwBG5fc3VnZwMxMARvcmlnaW4DaWQuaW1hZ2VzLnNlYXJjaC55YWhvby5jb20EcG9zAzAEcHFzdHIDBHBxc3RybAMwBHFzdHJsAzE0BHF1ZXJ5A3BldGElMjBJbmRvbmVzaWEEdF9zdG1wAzE2NjUyODk4NDY?p=peta+Indonesiadanfr=mcafeedanfr2=p%3As%2Cv%3Ai%2Cm%3Asb-topdanei=UTF-8danx=wrtdantype=E210ID91215G0#id=0daniurl=https%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F- D9VLsUvXqAw%2FVf1zjAck_0I%2FAAAAAAAAACE%2FOeUIFdmCd88%2F1600%2FPETA

https://id.images.search.yahoo.com/search/images?p=peta+kabupaten+banyuwangidanfr=mc afeedantype=E210ID91215G0danimgurl=http%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F- ujiM4Bw_bQU%2FTi6RIMyPyHI%2FAAAAAAAAA2w%2FJvNswIiMurs%2Fs1600%2Fpeta-kabupaten-banyuwangi.jpg#id=22daniurl=http%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F- kSCCi1nG3Co%2FTWKOEbu9K4I%2FAAAAAAAAAKE%2F7bEUMfYXN0g%2Fs1600%2Fbwipeta.jpgdanaction=click

IT DITJEN YANKES. (2022). Profile Rumah Sakit. https://sirs.kemkes.go.id/fo/home/profile_rs/3510104#service. Diakses 4 Juli 2022.

Koss-Chioino, D., Leatherman, T., dan Greenway, C. (Eds.). (2003). Medical Pluralism in the Andes. Medical Anthropology Quarterly. Vol. 19. London: Routledge. https://doi.org/10.1525/maq.2005.19.4.446.

Luthviatin, N. (2015). Mantra untuk Penyembuhan dalam Tradisi Suku Osing Banyuwangi. Jurnal IKESMA 11 (1) Hlm. 36–43.

Mannik, L., dan McGarry, K. (Eds.). (2017). Practicing Ethnography: A Student Guide to Method and Methodology. University of Toronto Press.

Mauss, Marcel. (2005). A General Theory of Magic. Taylor and Francis e-Library. https://doi.org/10.4324/9780203996140.

Merrild, Camilla Hoffmann, Mette Bech Risør, Peter Vedsted, dan Rikke Sand Andersen. (2016). Class, Social Suffering, and Health Consumerism. Medical Anthropology: Cross Cultural Studies in Health and Illness 35 (6) Hal: 517–28. https://doi.org/10.1080/01459740.2015.1102248.

Pandian, J. (2006). Syncretism in Religion. Anthropos, 101(1) Hal: 229–233.

Patterson, M. (1974). Sorcery and Witchcraft in Melanesia. Oceania 45 (2) Hal: 132–60.

Saputra, H.S.P. (2007). Memuja Mantra: Sabuk Mangir dan Jaran Goyang Masyarakat Suku Using Banyuwangi. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Saputra, H.S.P. (2012). Tradisi Mantra Kelompok Etnik Using di Banyuwangi. Humaniora, 13(3) Hal: 260–267.

Spradley, J.P. (1980). Participant Observation. Florida: Harcourt Brace Jovanovich.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Widyaningrum, M. I., dan Kusumaningtyas, R.

Subekti, A. dan Kusairi, L. (2019). From Sunrise of Java to Santet of Java: Recent Urban Symbolism of Banyuwangi, Indonesia. Proceedings of the 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018) 320: 144–47. https://doi.org/10.2991/icskse-18.2019.28.

Wulandari, I., Erviantono, T., dan Bandiyah. (2017). Simbolisme Mantra Semar Mesem Terhadap Kekuasaan di Banyuwangi. Nawala Politika 1(1)

Published
2023-08-31
How to Cite
Fahmi Ilyas, & Murni, S. (2023). Sihir Osing dalam Ritual Penyembuhan. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 3(1), 125-144. https://doi.org/10.21009/Arif.031.07