Lanskap Pariwisata Malang dalam Komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Malang Bromo Tengger Semeru Karya Faza Meonk
DOI:
https://doi.org/10.21009/Arif.032.02Keywords:
Faza Meonk, komik, lanskap pariwisata, MalangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membongkar penyajian lanskap pariwisata di Malang dalam komik petualangan di Malang karya Faza Meonk dan konteks politik yang melingkupinya.Kebaruan penelitian ini adalah menempatkan komik sebagai praktik diskursif. Naratologi komik dan konsep lanskap pariwisata digunakan sebagai teori. Secara metodologis, data dihimpun dengan penyimakan, pemindaian, dan dianalisis secara interpretatif. Hasil penelitian menempatkan praktik kepariwisataan, Malang memiliki lanskap wisata. Diawali wisata kampung (kota), wisata berbasis alam (kabupaten), dan wisata artifisial (Kota Batu). Tiap lanskap memiliki atraksinya masing-masing, yang dikunjungi oleh Juki, Mang Awung, dan Sam Ongis sebagai subjek wisatawan. Lanskap tersebut digambarkan dengan dua kode: realistis dan kartun. Kedua kode mengimplikasikan perjumpaan ideologis, yaitu informasi dan fakta pariwisata secara objektif yang berdampingan dengan cerita dan fiksi yang subjektif. Perjumpaan ini menempatkan komik sebagai modal budaya dalam kebijakan publik pariwisata sebagai konteks politik yang melingkupi produksinya.
References
Ahrens, M. B. (2019). Zebrafish neuroscience: Using artificial neural networks to help understand brains. Current Biology, 29(21), R1138-R1140. https://doi.org/10.1016/j.cub.2019.09.039
Anshori, A. (2019). Kuliah Muhammadiyah Gerakan Tajdid Pendekatan Ideologis, Historis, dan Analisis (1st ed.). UAD Press.
Avram, F. (2015). Education Epistemology–a Border Subject in the Context of New Social Sciences. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 203, 276-279. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.294
Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868-7874. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2259
Bashir, S., Mir, A., Altwaijri, N., Uzair, M., Khalil, A., Albesher, R., Khallaf, R., Alshahrani, S., & Abualait, T. (2023). Neuroeconomics of Decision-Making During COVID-19 Pandemic. Heliyon, 9(2), 1. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13252
Charis, I., & Nuryansah, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Masyarakat Madani Indonesia. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 229-258. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i2.755
Coko, K. (2015). Epistemology of a believing historian: Making sense of Duhem's anti-atomism. Studies in History and Philosophy of Science Part A, 50, 71-82. https://doi.org/10.1016/j.shpsa.2014.09.004
Creswell, J. W. (2015). Research Design: Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Mixed (5th ed.). Pustaka Pelajar.
Damanik, A. (2022). Pendidikan Sebagai Pembentukan Watak Bangsa: Sebuah Refleksi Konseptual-Kritis Dari Sudut Pandang Fisika. Universitas Sanata Dharma Press. https://books.google.co.id/books?id=zYZzEAAAQBAJ
Daulay, N. (2020). Islamic education in the study of Islamic psychology. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1(2), 193-208. https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.11
Dimyati, K., Nashir, H., Elviandri, E., Absori, A., Wardiono, K., & Budiono, A. (2021). Indonesia as a legal Welfare State: A Prophetic-Transcendental Basis. Heliyon, 7(8), 3. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07865
Firmansyah, E., Tobroni, & Romelah. (2023). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 1977. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4346
Friedman, N. P., & Robbins, T. W. (2022). The role of prefrontal cortex in cognitive control and executive function. Neuropsychopharmacology, 47(1), 72-89. https://doi.org/10.1038/s41386-021-01132-0
Hadi, I. A. (2017). Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 251-168. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1304
Hamami, T., & Nuryana, Z. (2022). A holistic–integrative approach of the Muhammadiyah education system in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4), 1. https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7607
Hambali, R. Y. A. (2019). Tipologi Filsafat Islam Post Ibnu Rusyd. Jurnal Filsafat, 29(2), 228-243. https://doi.org/10.22146/jf.48437
Handayani, B. S., & Purwati, N. (2022). The effectiveness of brain-based learning model (BBL) integrated with the whole brain teaching (WBT) model toward students’ retention. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(1), 36-43. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.26030
Hassan, A., Suhid, A., Abiddin, N. Z., Ismail, H., & Hussin, H. (2010). The role of Islamic philosophy of education in aspiring holistic learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 2113–2118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.423
Herbet, G., & Duffau, H. (2020). Revisiting the Functional Anatomy of the Human Brain: Toward a Meta-Networking Theory of Cerebral Functions. Physiological Reviews, 100(3), 1181-1228. https://doi.org/10.1152/physrev.00033.2019
Hidayat, K., & Bustam, B. M. R. (2022). Aksiologi Wayang Kekayon Khalifah sebagai Pendidikan Islam Masyarakat Jawa. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 1–23. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.20520
Inayati, A. A., & Pratama, A. B. (2022). Epistemology in Islam: The Integration of Science and Religion According to Kuntowijoyo and Its Correlation with the National Law Establishment. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 65-82. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.7280
Indarwati, L. A., Rohmah, I., Ichsanti, D. F., Safrial, R., & Sari, R. (2021). Hibridisasi Pendidikan Islam dan Neurosains: Implementasi Paradigma Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 67-77. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1925
Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 870-880. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358
Kiliyamannil, T. J. (2023). Neither global nor local: Reorienting the study of Islam in South Asia. Asian Journal of Social Science, 51(4), 244-251. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ajss.2023.07.002
Klemm, W. (2022). Expanding the Vision of Neurotheology: Make Neuroscience Religion’s Ally. Journal of Spirituality in Mental Health, 24(3), 235-250. https://doi.org/10.1080/19349637.2020.1858735
Leonard, E. L. (2015). Forensic Neuropsychology and Expert Witness Testimony: An Overview of Forensic Practice. International Journal of Law and Psychiatry, 42, 177-182. https://doi.org/10.1016/j.ijlp.2015.08.023
Mansir, F. (2018). Pendekatan Psikologi dalam Kajian Pendidikan Islam. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61-73. https://doi.org/10.22236/jpi.v9i2.1814
Masduki, Y., Burlian, K., & Yuslaini. (2019). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran (1st ed.). UAD Press.
Mustaqimah, E., & Suyadi. (2023). Implementasi Paradigma Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. JIE: Journal Of Islamic Education, 8(2), 169-183. https://doi.org/https://doi.org/10.52615/jie.v8i2.290
Nasir, H. (2018). Muhammadiyah Usung Pendidikan Islam Berkemajuan. Suara Muhammadiyah. https://news.republika.co.id/berita/nasional/sang-pencerah/18/05/24/p98du7291-muhammadiyah-usung-pendidikan-islam-berkemajuan
Nasution, I. F. A. (2017). Humanisasi Pendidikan Islam melalui Antropologi Transendental Hamzah Fansuri. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 235-62. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/94856195/pdf-libre.pdf?1669446911=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DHumanisasi_Pendidikan_Islam_Melalui_Antr.pdf&Expires=1708317445&Signature=Nf0HqjDWBVTfcCAQLGZalLZsTjda3yib8zbk6GM-1MaF4gO9mJfW5jxxxx
Nurjanah, A. F., Hakim, H. S., Ajalil, M. T., & Nariska, N. (2018). Konsep ’Aql Dalam Al-Qur’an dan Neurosains. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 276–277. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.83
Pakaya, P., Pasiak, T. F., & Kalangi, S. J. R. (2017). Hubungan Kinerja Otak dan Spiritualitas Manusia Diukur dengan Indonesia Spiritual Health Assessment pada Tokoh Agama Islam di Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal E-Biomedik, 5(1), 1. https://doi.org/10.35790/ebm.5.1.2017.15889
Parni. (2020). Pendekatan Antropologi dalam Kajian Islam. Tarbiya Islamica: Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1(1), 23. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index
Rahman, T. A. (2015). The Works and Contributions of Ismai’il Raji al-Faruqi in Islamization of Knowledge. Journal of Islamic Thought and Civilization, 5(1), 31. https://doi.org/10.32350/jitc.51.03
Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., & Nofriyadi, R. A. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 70-82. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12257
Saihu, S. (2022). Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 400-414. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66
Sousa, D. A. (2012). Bagaimana Otak Belajar (4th ed.). Jakarta Indeks. http://library.alizhar.sch.id/slims8_akasia/index.php?p=show_detail&id=5042
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sutarman. (2020). Pendidikan Kecerdasan Holistik untuk Mencapai Puncak Kesuksesan, Internalisasi Nilai-nilai SQ, EQ, AQ, IQ (Berbasis Pendidikan Islam) (1st ed.). UAD Press.
Sutarman, Kurniawan, R., & Hidayat, K. (2022). Education Character Model of Intrinsic Religiosity as Students’ Character Values Recovery in Post Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Konseling Religi, 13(2), 227–242. http://dx.doi.org/10.21043/kr.v1312.16970
Sutarman, S., & Yusutria, Y. (2021). The Education of School Cultural Values to Increase the Students’ Character Values of the Muhammadiyah School in the Pandemic covid 19 Era. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 47-58. http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v5i2.4425
Suyadi. (2018a). Diferensiasi Otak Laki-laki dan Perempuan Guru Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan Yogyakarta: Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Perspektif Gender dan Neurosains. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 13(2), 179-202. https://doi.org/10.21580/sa.v13i2.2927
Suyadi. (2018b). Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Perspektif Neurosains: Robotik, Akademik, dan Saintifik. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 273-304. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3255
Suyadi. (2019). Hybridization of Islamic Education and Neuroscience: Transdisciplinary Studies of ’Aql in the Quran and the Brain in Neuroscience. Dinamika Ilmu, 19(2), 237-249. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1601
Suyadi. (2020). Pendidikan Islam dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal dan Otak dalam Al-Qur’an Hingga Pengembangan Neurosains dalam Pendidikan Islam. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=RhwREAAAQBAJ
Nuryana, Z., & Fauzi, N. A. F. (2020). The Fiqh of disaster: The mitigation of covid-19 in the perspective of Islamic education-neuroscience. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51, 101848. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848
Suyadi, Nuryana, Z., Sutrisno, & Baidi. (2022a). Academic reform and sustainability of Islamic higher education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 89, 102534. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102534
Nuryana, Z. (2022). Academic reform and sustainability of Islamic higher education in Indonesia. International Journal of Educational Development, 89, 102534. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102534
Suyadi, S., & Widodo, H. (2019). Millennialization of Islamic education based on neuroscience in the third generation university in Yogyakarta Indonesia. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 7(1), 173-202. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4922
Tite, M., Watson, O., Pradell, T., Matin, M., Molina, G., Domoney, K., & Bouquillon, A. (2015). Revisiting the beginnings of tin-opacified Islamic glazes. Journal of Archaeological Science, 57, 80-91. https://doi.org/10.1016/j.jas.2015.02.005
Wahyudi, N., Suntoro, R., & Awhinarto, A. (2020). Pengembangan Higher Order Thinking Skill Dalam Pendidikan Islam Berbasis Neurosains. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(2), 107-129. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2727800&val=24816&title=PENGEMBANGAN%20HIGHER%20ORDER%20THINKING%20SKILL%20DALAM%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20BERBASIS%20NEUROSAINS
Watsiqotul, Sunardi, & Agung, L. (2018). Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 355-378. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3523/pdf
Wibowo, T. (2021). Dinamika Sains dalam Islam pada Masa Keemasan: Kontribusi & Rekonstruksi dalam Perkembangan Keilmuan Kekinian. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 6(1), 51-62. http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v6i1.4276
Wicaksono, H. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 201-228. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n2a7
Widodo, H. (2018). Pendidikan Holistik Berbudaya Sekolah. UAD Press.