Lanskap Pariwisata Malang dalam Komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Malang Bromo Tengger Semeru Karya Faza Meonk

  • Riqko Nur Ardi Windayanto Gadjah Mada University
Keywords: Faza Meonk, komik, lanskap pariwisata, Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membongkar penyajian lanskap pariwisata di Malang dalam komik petualangan di Malang karya Faza Meonk dan konteks politik yang melingkupinya.Kebaruan penelitian ini adalah menempatkan komik sebagai praktik diskursif. Naratologi komik dan konsep lanskap pariwisata digunakan sebagai teori. Secara metodologis, data dihimpun dengan penyimakan, pemindaian, dan dianalisis secara interpretatif. Hasil penelitian menempatkan praktik kepariwisataan, Malang memiliki lanskap wisata. Diawali wisata kampung (kota), wisata berbasis alam (kabupaten), dan wisata artifisial (Kota Batu). Tiap lanskap memiliki atraksinya masing-masing, yang dikunjungi oleh Juki, Mang Awung, dan Sam Ongis sebagai subjek wisatawan. Lanskap tersebut digambarkan dengan dua kode: realistis dan kartun. Kedua kode mengimplikasikan perjumpaan ideologis, yaitu informasi dan fakta pariwisata secara objektif yang berdampingan dengan cerita dan fiksi yang subjektif. Perjumpaan ini menempatkan komik sebagai modal budaya dalam kebijakan publik pariwisata sebagai konteks politik yang melingkupi produksinya.

References

Ajidarma, S. G. (2005). Tiga Panji Tengkorak: Kebudayaan dalam Perbincangan [Disertasi ]. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Anoegrajekti, N., Saryono, D., & Putra, I. N. D. (Eds.). (2020). Sastra Pariwisata . Kanisius dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisaritas Jember, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember.

Baleiro, R., & Quinteiro, S. (2018). Key concepts in literature and tourism studies. Universidade de Lisboa, Faculdade de Letras, Centro de Estudos Comparatistas. https://www.researchgate.net/publication/330113803.

Budianta, M. (2018). Pendahuluan. In M. Budianta & D. Hapsarani (Eds.), Meniti Arus Lokal-Global: Jejaring Budaya Kampung (pp. 1–18). Infermia Publishing.

Budianta, M. (2019). Smart kampung: doing cultural studies in the Global South. Communication and Critical/ Cultural Studies, 16(3), 241–256. https://doi.org/10.1080/14791420.2019.1650194.

Butters, L. J. C., DeMarais, E., & Earle, T. (1996). Ideology, Materialization and Power Strategies. Current Anthropology, 37(1), 15–31.

Çevik, S. (2020). Literary tourism as a field of research over the period 1997-2016. European Journal of Tourism Research , 24.

Cohn, N. (2013). The Visual Language of Comics: Introduction to the Structure and Cognition of Sequential Images. Bloomsbury Academic. www.semioticon.com/semiotix]

Culley, S. (2010). Museums and Tourists: A Quantitative Look at Curator Perceptions of Tourism [Tesis ]. University of Waterloo.

Daniell, K. (2014). The Role of National Culture in Shaping Public Policy: A Review of the Literature.

Darma, D. B., Chakim, N., & Nur Abida, F. I. (2022). Marvel Comics in The Context of Literary Tourism. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 710–715. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i4.24825.

Faruk. (2020). Ruang Kota Yogyakarta dalam Perspektif Produksi Ruang Henri Lefebvre. In W. Udasmoro (Ed.), Gerak Kuasa: Politik Wacana, Identitas, dan Ruang/Waktu dalam Bingkai Kajian Budaya dan Media (pp. 257–292). Kepustakaan Populer Gramedia.

Faza Meonk. (2020). Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Malang Bromo Tengger Semeru . PT Elex Media Komputindo.

Hendrix, H. (2022). Tourist Literature. In S. Quinteiro & M. J. Marques (Eds.), Working Definitions in Literature and Tourism: A Research Guide (pp. 137–138). Centro de Investigação em Artes e Comunicação da Universidade do Algarve.

Jiménez-García, M., Ruiz-Chico, J., & Peña-Sánchez, A. R. (2020). Landscape and tourism: Evolution of research topics. Land, 9(488), 1–17. https://doi.org/10.3390/land9120488.

Kemenparekraf. (2020, September 16). Mengenal 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Indonesia.

Kurnia, L., Budiman, M., & Ridho, I. (2013). Representasi Ruang Urban Kota Jakarta Periode 1970an dalam Komik Karya Zaldy.

Lipasti, J. (2017). Artificial environments and spatial travel implications: the case of Madrid Snow Zone [Tesis ]. Umeå University.

Maulidina, R. (2019). Kajian Kultural Logo Arema: Romantisme Etnik Singhasari dan Hindia Belanda. Seminar Nasional Seni Dan Desain “Reinvensi Budaya Visual Nusantara,” 327–337. https://id.wikipedia.org.

Mcintosh, A. J., Hinch, T., & Ingram, T. (2002). Cultural Identity and Tourism. International Journal of Arts Management, 4(2), 39–49. https://www.jstor.org/stable/41064754?seq=1&cid=pdf-

Metin, T. C. (2019). Nature-Based Tourism, Nature Based Tourism Destinations’ Attributes And Nature Based Tourists’ Motivations (pp. 174–200). https://www.researchgate.net/publication/331982531.

Mikkonen, K. (2017). The Narratology of Comic Art. Routledge.

Natalia, M. (2020, March 7). Promosikan Pariwisata, Elex-Kemenko Marves Luncurkan Komik Si Juki Petualangan di Malang. Sindonews.Com.

Noviani, R. (2018). Wacana Multimodal Menurut Gunther Kress dan Theo van Leeuwen. In W. Udasmoro (Ed.), Hamparan Wacana: dari Praktik Ideologi, Media hingga Kritik Poskolonial (pp. 107–134). Penerbit Ombak .

Priskila, T. (2019). The Effectiveness of Social Media and Online Marketing in Promoting Indonesian Tourism: Case of Wonderful Indonesia Brand. Proceedings of the 7th International Conference on Entrepreneurship and Business Management, 191–196. https://doi.org/10.5220/0008490401910196.

Rahman, M. R. (2018, December 5). Dengan komik, Kemenko Kemaritiman ajak milenial berwisata. Antara.

Skowronek, E., Tucki, A., Huijbens, E., & Jóźwik, M. (2018). What is the tourist landscape? Aspects and features of the concept. Acta Geographica Slovenica, 58(2), 73–85. https://doi.org/10.3986/AGS.3311.

Suantoko. (2020). Inovasi Produk Pariwisata Religi Melalui Cerita Pewalian di Makam Sunan Bejagung Kabupaten Tuban . In N. Anoegrajekti, D. Saryono, & I. N. D. Putra (Eds.), Sastra Pariwisata (pp. 203–225). Kanisius dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisaritas Jember, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember.

Sudikan, S. Y. (2020). Pariwisata Sastra: Fenomena Universal dan Ekonomi Kreatif . In N. Anoegrajekti, D. Saryono, & I. N. D. Putra (Eds.), Sastra Pariwisata (pp. 567–573). Kanisius dan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisaritas Jember, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember.

Windayanto, R. N. A., Alimaturrahmah, I., & Putuwarsi, A. F. (2021). Implikatur Konversasional dalam Komik Si Juki Karya Faza Meonk: Analisis Pragmatik Gricean. Kadera Bahasa, 13(2), 109–121. https://doi.org/10.47541/kaba.v13i2.190.

Worcester, K. (2017). Comics, comics studies, and political science. International Political Science Review, 38(5), 690–700.

Yannuar, N. (2020). Bòsò Walikan malangan structure and development of a javanese reversed language. Wacana, 21(1), 168–175. https://doi.org/10.17510/WACANA.V21I1.879.

Zeitlin, J. M., & Burr, S. W. (2011). Community Nature-Based Tourism Development. Utah Recreation & Tourism Matters: Institute for Outdoor Recreation and Tourism.

Published
2024-02-29
How to Cite
Windayanto, R. N. A. (2024). Lanskap Pariwisata Malang dalam Komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan di Malang Bromo Tengger Semeru Karya Faza Meonk. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 3(2), 218-239. https://doi.org/10.21009/Arif.032.02