Iklan Rokok Sampoerna Go a Head: dari Komersial ke Edukatif

  • Yoga Pradana Wicaksono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sudartomo Macaryus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Anselmus Sudirman Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Titis Kusumaningrum Witdaryadi Putri Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: edukatif, iklan, kebersihan lingkungan, komersial

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan dinamika iklan rokok merespons pembatasan promosi produk berbahan tembakau. Di Indonesia, tema produk iklan rokok cenderung pada upaya mengedukasi masyarakat. Penelitian wacana ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data berupa satuan lingual lisan dan tulis pada iklan rokok Sampoerna Go A Head, bertema “Kecil buat lo, besar buat semua”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan rokok ini menampakkan kecenderungan isi yang bersifat edukatif khususnya berkaitan dengan isu kebersihan lingkungan. Formulasi ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan disampaikan secara tidak langsung dengan pola ungkapan berulang. Informasi verbal lisan dan tulis didukung unsur nonverbal yang mengikuti dan bersifat fungsional.

References

Baek, T. H., & Mayer, M. (2010). Sexual imagery in cigarette advertising before and after the master settlement agreement. Health Communication, 25(8), 747–757. https://doi.org/10.1080/10410236.2010.521917

Henriksen, L. (2012). Comprehensive tobacco marketing restrictions: Promotion, packaging, price and place. Tobacco Control, 21(2), 147–153. https://doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2011-050416

Macaryus, S., Sholikhati, N. I., Ermawati, & Wicaksono, Y. P. (2020). Bentang Bahasa: Basis Penelitian Bahasa di Ruang Publik. In S. Macaryus, D. B. W. Putro, D. Rufaidah, & N. I. Sholikhati (Eds.), Bentang Bahasa: Representasi Budaya Lokal dan Global (pp. 33–68). Kepel Press.

Macaryus, S., Wicaksono, Y. P., Sudirman, A., & Anafiah, S. (2020). Cigarette Advertisements: More Than Just Re-Constructing and Re-Creating Words. In D. S. Setiana, A. Setiawan, D. Supriadi, K. H. Najib, T. Ardhian, N. A. Handoyono, I. Widyastuti, & L. Tiasari (Eds.), International Conference on Technology, Education and Science (InCoTES) 2020 (pp. 78–86). LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index%0ACigarette

Prabandari, Y. S., & Dewi, A. (2016). How do indonesian youth perceive cigarette advertising? A cross-sectional study among indonesian high school students. Global Health Action, 9(1). https://doi.org/10.3402/gha.v9.30914

Shafey, O., Fernández, E., Thun, M., Schiaffino, A., Dolwick, S., & Cokkinides, V. (2004). Cigarette Advertising and Female Smoking Prevalence in Spain, 1982-1997: Case Studies in International Tobacco Surveillance. Cancer, 100(8), 1744–1749. https://doi.org/10.1002/cncr.20147

Sriyanto. (2015). Pertimbangan Selera-Bahasa Konsumen dalam Pembuatan Iklan Televisi Nasional (Consideration Consumer Taste of Language in the Making of National Television Advertising). Sawerigading, 21(3), 355–365.

Triastuti, M. R. H. (2004). Pengaruh Efektivitas Revisi PP No 81 Tahun 1999 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan dengan PP No 19 Tahun 2003 terhadap Kesehatan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 89–117. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/52180/pp-no-19-tahun-2003

Baek, Tae Hyun dan Mayer, Mark. 2010. “Sexual Imagery in Cigarette Advertising Before and After the Master Settlement Agreement”. Health Communication. 25:8, 747-757, DOI: 10.1080/10410236.2010.521917.

e-Andrés-del-Campo, S., & De-Lima-Maestro, R. 2014. “Critical Analysis of Government vs. Commercial Advertising Discourse on Older Persons in Spain”. Comunicar, 21(42), 189–197. https://doi.org/10.3916/C42-2014-19.

Flergin, A. 2014. “Language of Persuasion: A Discourse Approach to Advertising Language”. Research Journal of Recent Sciences, 3(ISC-2013, 68.

Flergin, P. 1993. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian) Volume satu. (A. Zakaria, Ed.) (7th ed.). Jakarta: FE UI.

Goel, Rajeev K. 2011. “Advertising Media and Cigarette Demand”. Bulletin of Economic Research. 63:4, 2011, 0307-3378 DOI: 10.1111/j.1467-8586.2009.00346.x.

Goel, Rajeev K. 2011. “Persistence of cigarette advertising across media and smoking rates”. Applied Economics Letters. 2011, 18, 611–619. DOI: 10.1080/13504851.2010.487822.

Hanewinkel, Reiner; Isensee, Barbara; Sargent, James D.; Morgenstern, Matthis. 2010. “Cigarette Advertising and Adolescent Smoking”. American Journal of Preventive Medicine. 2010;38(4):359 –366.

Henriksen, Lisa. 2012. “Comprehensive Tobacco Marketing Restrictions: Promotion, Packaging, Price and Place”. Tobacco Control. 2012; 21:147e153. doi:10.1136/tobaccocontrol-2011-050416.

Hickling, Jacqueline A. dan Miller, Caroline L. 2008. “Cigarette Pack and Advertising Displays at Point of Purchase: Community Demand for Restrictions”. International Journal of Consumer Studies. 32 (2008) 574–578. doi: 10.1111/j.1470-6431.2008.00694.x.

Kusumawardani, Nunik; Tarigan, Ingan; Suparmi; dan Schlotheuber, Anne. 2018. “Socio-Economic, Demographic and Geographic Correlates of Cigarette Smoking among Indonesian Adolescents: Results from the 2013 Indonesian Basic Health Research (RISKESDAS) Survey”. Global Health Action. 11:sup1, 1467605, DOI: 10.1080/16549716.2018.1467605.

Macaryus, Sudartomo; Sudirman, Anselmus; Wicaksono, Yoga Pradana; Puspita, Oktaviani Windra. 2021. “Iklan Rokok A Mild Merespons Pandemi Covid-19”. Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dan HISKI Komisariat UST-UTY IB Universitas Jember, bekerja sama dengan Penerbit Cantrik Pustaka. Hlm. 20‒46.

Macaryus, Sudartomo; Wicaksono, Yoga Pradana; Sudirman, Anselmus; Anafiah, Siti. 2020. “Cigarette Advertisements: More Than Just Re-Constructing and Re-Creating Words”. Proceedings: The International Conference on Technology, Education, and Science. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/article/viewFile/9550/3859. Hlm. 78‒86.

Macaryus, Sudartomo; Wicaksono, Yoga Pradana; Sudirman, Anselmus; Masjid, Akbar Al. 2020. “My Life My Adventure: Bahasa Iklan Pariwisata di Era Disrupsi”. Humaniora dan Era Disrupsi E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar. Jember: FIB Universitas Jember, HISKI Komisariat Jember, dan ATL Jember.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Paek, Hye-Jin; Reid, Leonard N.; Choi, Hojoon; dan Jeong, Hyun Ju. 2010. “Promoting Health (Implicitly)? A Longitudinal Content Analysis of Implicit Health Information in Cigarette Advertising, 1954–2003”. Journal of Health Communication: International Perspectives, 15:7, 769-787, DOI: 10.1080/10810730.2010.514033.

Paek, Hye-Jin; Reid, Leonard N.; Jeong, Hyun Ju; Choi, Hojoon; dan Krugman, Dean. 2012. “Five Decades of Promotion Techniques in Cigarette Advertising: A Longitudinal Content Analysis”. Health Marketing Quarterly. 29:1, 1‒17, DOI: 10.1080/07359683.2011.623087.

Panuju, Redi; Susilo, Daniel; dan Harliantara. 2019. “Cigarette as a Tool for Representing Masculinity in Indonesian Left-Wing Films”. Jurnal Komunikasi Indonesia. Volume VII Issue 3 November 2018.

Peraturan Pemerintah. 1999. Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 1999 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3906.

Peraturan Pemerintah. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4276.

Peraturan Pemerintah. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5380.

Peraturan Pemerintah. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5380.

Polzin, Gregory M.; Stanfill, Stephen B.; Brown, Candace R.; Ashley, David L.; Watson, Clifford H. 2007. “Determination of eugenol, anethole, and coumarin in the mainstream cigarette smoke of Indonesian clove cigarettes”. Food and Chemical Toxicology. 45 (2007) 1948–1953. doi:10.1016/j.fct.2007.04.012.

Prabandari, Yayi Suryo dan Dewi, Arika. 2016. “How do Indonesian Youth Perceive Cigarette Advertising? A Cross-sectional Study among Indonesian High School Students”. Global Health Action. 9:1, 30914, DOI: 10.3402/gha.v9.30914.

Qadafi, Ahmad Muammar dan Wahyudi, Ribut. 2014. “Advertising Language: A Pragmatic Approach to Cigarette Advertisements in Indonesia”. Issues in Language Studies. (Vol. 3 No. 1- 2014).

Segovia, R. 2007. “The Rhetorical Dimension of Printed Advertising: a Discourse-Analytical Approach”. Cultura, Lenguaje Y Representación / Culture, Language and Representation, V, 151–163.

Setiyanto, Edi. 2018. “Tindak Tutur pada Iklan Media Luar Ruang di DIY”. Sawerigading. Volume 24 No. 1, Juni 2018 Halaman 33‒42.

Shafey, Omar; Fernandez, Esteve; Thun, Michael; Schiaffino, Anna; Dolwick, Suzanne; dan Cokkinides, Vilma. 2004. “Cigarette Advertising and Female Smoking Prevalence in Spain, 1982–1997: Case Studies in International Tobacco Surveillance”. Cancer. April 15, 2004 / Volume 100 / Number 8. DOI 10.1002/cncr.20147.

Sriyanto. 2015. “Pertimbangan Selera-Bahasa Konsumen dalam Pembuatan Iklan Televisi Nasional”. Sawerigading. Volume 21 No. 3, Desember 2015 Halaman 355‒365.

Subagyo, P. Ari. 2009. “Melacak Pelibatan Konteks dalam Kajian Bahasa: Dari Fungsionalisme Praha hingga Analisis Wacana Kritis”. P. Ari Subagyo & Sudartomo Macaryus. Peneroka Hakikat Bahasa: Karangan Muhibah untuk Sudaryanto. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata harma.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisa Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Triastuti, Maria Rosarie Harni. 2004. “Pengaruh Efektivitas Revisi PP No 81 Tahun 1999 Tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan dengan Pp No 19 Tahun 2003 terhadap Kesehatan Masyarakat”. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No.1, 2004 .

Turhan, B. 2017. Critical Discourse Analysis of Advertising: Implications for Language Teacher Education. International Journal of Languages’ Education, 1(Volume 5 Issue 4), 213–226. https://doi.org/10.18298/ijlet.2301.

Undang-Undang. 2009. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063.5063.

WHO. 2011. Tobacco Advertising, Promotion and Sponsorship: Enforcing Comprehensive Bans Building Capacity for Tobacco Control: Training Package. New York: WHO.

Wicaksono, Y. P., & Macaryus, S. (2020). Poster di Ruang Publik: Suara Perempuan Calon Legislatif. Caraka, 6(2), 32. https://doi.org/10.30738/.v6i2.7761

Published
2024-02-29
How to Cite
Wicaksono, Y. P., Macaryus, S., Sudirman, A., & Putri, T. K. W. (2024). Iklan Rokok Sampoerna Go a Head: dari Komersial ke Edukatif. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 3(2), 266-287. https://doi.org/10.21009/Arif.032.04