KONTRIBUSI KEMAMPUAN MEMBACA APRESIATIF TEKS CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KAPUR IX
Keywords:
kontribusi, membaca apresiatif, keterampilan menulis, teks cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan membaca apresiatif teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kapur IX. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kapur IX dengan sampel 30 orang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan kontribusi desain penelitian. Data penelitian adalah skor keterampilan membaca cerpen apresiatif dan skor tes teks cerpen. Data diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk memahami pembacaan cerpen dan tes kinerja yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil analisis dan diskusi data, peneliti menyimpulkan tiga hal berikut; Pertama, skor rata-rata keterampilan membaca apresiatif dalam membaca teks cerpen siswa di kelas VII SMP Negeri 5 Kapur IX dalam kualifikasi yang baik (82,01). Kedua, skor rata-rata siswa dalam menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kapur IX berada dalam kualifikasi yang baik (79,17). Ketiga, ada kontribusi yang signifikan antara kemampuan membaca teks cerpen siswa dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kapur IX sebanyak 84,82%.