SISTEM PENILAIAN PERIKLANAN MUSEUM NASIONAL: STUDI KASUS PENGGUNAAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PARIWISATA MUSEUM NASIONAL
Keywords:
sistem penilaian, video profil, museum nasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perangkat penilaian apa saja yang terdapat dalam video profil Museum Nasional. Video profil biasanya menampilkan visi dan misi lembaga. Video profil Museum Nasional mencoba merangkum koleksi dan kelebihannya dalam sebuah video profil yang dibatasi waktu dan dibuat semenarik mungkin sehingga membangkitkan gairah pemirsa untuk berkunjung ke Museum Nasional. Penelitian ini menggunakan teknik referensial matching dimana peneliti mencocokkan teks iklan yang dianalisis dengan mencocokkan klausa, frasa, dan kata dengan alat penilaian serta menganalisis sikap dan penilaian konten koleksi Museum Nasional dalam video profil. Data yang dianalisis kurang lebih 64 kalimat yang merupakan transkripsi video profil Museum Nasional. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat 24 kalimat apresiasi sikap, 5 kalimat penilaian sikap dan 11 kalimat sikap. Pada ranah pertunangan, terdapat 13 jenis heteroglos dan 3 monoglos. Dalam ranah kelulusan, ada 4 jenis angkatan kelulusan dan 4 jenis fokus kelulusan.