IDEOLOGI KAPITALISME DALAM SAMPUL FIKSI ISLAMI INDONESIA

  • Citra Nuraini
Keywords: ideologi, kapitalisme, sampul fiksi, fiksi islam, mitos

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ideologi kapitalisme dalam sampul fiksi popular Islam Indonesia. Ideologi kapitalisme dianalisis berdasarkan tiga kriteria: selera pasar, penitraan, dan popularitas. Penelitian ini tidak terkait pada tempat tertentu. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2014 sampai dengan Juni 2014. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Teknik analisis isi dilakukan dalam dua tahap. Pertama, menganalisis sampul-sampul fiksi dari tahun 2000-2013 secara kuantitatif untuk mengetahui pola-pola umum perkembangan sampul fiksi
beserta elemen-elemen sampul yang muncul dalam rentang waktu tersebut. Kedua, menganalisis sampul fiksi berdasarkan elemen-elemen yang ditemukan tersebut dengan pendekatan semiotika dan ideologi. Penelitian ini berfokus melihat bagaimana sampul berperan dalam kapitalisme industri penerbitan. Subfokus penelitian melihat bagaimana mitos-mitos digunakan untuk mengkonstruk sampul fiksi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sampul berperan sebagai iklan dalam fiksi islam indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan, diharapkan ada penelitian lanjutan.

Kata kunci: ideologi, kapitalisme, sampul fiksi, fiksi islam, mitos

Published
2015-06-30