CACAT SINTAKSIS KELUARAN WICARA PADA ANAK PENYANDANG AUTIS DI SD LAB PGSD SETIA BUDI DAN SDIT AL-MUBARAK RAWASARI (SUATU KAJIAN NEUROLINGUISTIK)

Authors

  • Oktiani Endarwati

DOI:

https://doi.org/10.21009/ARKHAIS.061.05

Keywords:

Cacat Sintaksis, Anak Autis

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu gangguan bahasa dan komunikasi pada anak autis khususnya konstruksi sintaksis yang diujarkan oleh anak autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ke-2 tahun akademik 2013/2014 yaitu pada bulan April-Mei di SD Lab. PGSD, Setia Budi dan SDIT Al-Mubarak, Jakarta. Objek dalam penelitian ini adalah tuturan anak penyandang autis sebanyak 4 orang dan difokuskan pada cacat sintaksis keluaran wicara. Cacat sintaksis keluaran wicara dapat ditandai dengan adanya kesalahan dalam proses produksi bunyi wicara pada tataran alat dan satuan sintaksis. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan gambar-gambar. Berdasarkan analisis data, diperoleh informasi bahwa cacat sintaksis keluaran wicara pada anak autis terjadi pada urutan kata dan frasa. Jumlah kalimat ujaran dalam komunikasi diperoleh sebanyak 67 kalimat ujaran dalam satu konteks ujaran. Hasil cacat alat sintaksis keseluruhan terdiri dari cacat urutan kata berjumlah 17 sebesar 89,47%; cacat bentuk kata berjumlah 1 sebesar 5,26%; kesalahan intonasi tidak ditemukan; kesalahan partikel atau kata tugas berjumlah 2 sebesar 5,26%. Hasil cacat satuan sintaksis keseluruhan terdiri dari kesalahan frasa berjumlah 11 sebesar 73,33%, kesalahan klausa berjumlah 4 sebesar 26,67%; dan tidak ada kesalahan dalam tataran kalimat.

Kata kunci: Cacat Sintaksis,Anak Autis.

Downloads

Published

2015-06-30