Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dalam Pengajaran Bahasa Jepang Tingkat Pemula

  • Frida Philiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Astuti Retno Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Viana Meilani Prasetio Universitas Negeri Jakarta
  • Nabila Meliyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Andaradisha Getaya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pelatihan, model pembelajaran berbasis literasi digital, bahasa Jepang tingkat Pemula

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 mengenai analisis kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran membaca berbasis keterampilan abad 21(Philiyanti & Rismorlita, 2020). Dari hasil penelitian diketahui ada tiga keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa tingkat pemula, khususnya pada moda pembelajaran daring saat ini yaitu keterampilan metakognitif, literasi digital, dan berpikir  kritis. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para calon guru melalui suatu pelatihan mengenai metode, teknik, atau strategi dalam merancang sebuah pembelajaran bahasa Jepang berbasis literasi digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang terdiri dari sesi pemaparan materi, praktik serta presentasi hasil penugasan. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 24 hingga 31 Juli 2021. Kegiatan ini melibatkan lima perguruan tinggi LPTK yaitu Universitas Negeri Manado, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Muhammadiyah Dr. Hamka, dan Universitas Negeri Jakarta. Dari hasil kegiatan diperoleh sepuluh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan sepuluh model pembelajaran bahasa Jepang berbasis digital untuk tingkat SMA dan sederajat yang disajikan dalam bentuk powerpoint.

Published
2021-11-30
Section
Articles