Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Masdar dan Isim Masdar Berbasis Pendekatan Gamifikasi
Keywords:
Kompetensi, masdar, isim masdar, gamifikasiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema: “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Masdar dan Isim Masdar Berbasis Pendekatan Gamifikasi”. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan potensi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab dalam menyusun media pembelajaran yang efektif dan menarik.2) Memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan Gamifikasi untuk materi Masdar dan Isim Masdar. Dengan mempertimbangkan dan memahami pentingnya penggunaan media interaktif untuk mahasiswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu indikator penting dalam proses pembelajaran. maka permasalahan ini perlu dicarikan solusinya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembuatan media pembelajaran yang efektif, interaktif, dan menarik. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan pendidikan yang meliputi seminar penyampaian materi dan workshop disertai dialog interaktif. Selain itu, juga diberikan materi-materi tentang konsep dan teknik pembuatan media pembelajaran interaktif yaitu game atau permainan berdasarkan pendekatan Gamifikasi. Selama mengikuti pelatihan, peserta diberikan materi dan diberikan pendampingan dalam pembuatan permainan edukatif tentang materi Masdar dan Isim Masdar. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di tingkat semester 4, kegiatan dibuat dalam bentuk pelatihan dan pendidikan yang akan dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.