Project Based Learning dalam Pembelajaran Kaiwa

  • Yuniarsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Project based learning, Bahasa Jepang, Kaiwa

Abstract

Pada zaman globalisasi ini, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki pembelajar untuk dapat bersaing di dunia kerja, yaitu: komunikasi, kolaborasi, kreativitas, berpikir kritis. Untuk menanamkan keterampilan tersebut metode belajar project based learning sangat sesuai digunakan, namun banyak pendidik yang belum memahami dan mengetahui cara penerapan metode ini dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M) dengan tema Project Based Learning dalam pendidikan bahasa Jepang ini bertujuan untuk menjadi solusi terhadap permasalahan di atas. Temuan dari kegiatan ini antara lain adalah kelebihan dan kekurangan dari project based learning dan hal hal yang yang harus diperhatikan agar project based learning berjalan efektif dalam pembelajaran kaiwa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2022 melalui platform menghadirkan dua narasumber yang membahas mengenai teori metode pembelajaran project based learning dan penerapannya dalam pembelajaran kaiwa. Kegiatan ini diikuti oleh 163 orang peserta yang berprofesi sebagai pendidik bahasa Jepang dari berbagai instansi. Dapat dilihat dari hasil angket, bahwa 99,1% peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. selain itu, ada peserta yang mengatakan terinspirasi dan termotivasi untuk mengimplementasikan drama dalam pembelajaran bahasa Jepang berbasis project based learning

Published
2022-08-28
Section
Articles