Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Secara Daring

  • Dwi Astuti Retno Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Nia Setiawati
  • Frida Philiyanti
Keywords: Keaktifan Siswa, Pengajaran Daring, Pengajaran Partisipatori

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan dan praktik baik tentang cara mengatasi permasalahan pengajaran bahasa Jepang secara daring. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pengajar tentang masalah keaktifan pebelajar dalam pengajaran secara daring banyak dikeluhkan.  Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 9 Oktober 2021dengan menggunakan platform zoom meeting. Peserta adalah para pengajar bahasa Jepang di tingkat sekolah menengah atas, lembaga kursus maupun pengajar privat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah seminar dan lokakarya. Pada kegiatan seminar disampaikan materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan pebelajar dalam pengajaran secara umum serta sharing pengalaman pengajaran bahasa Jepang yang bersifat partisipatif. Pada kegiatan lokakarya terjadi praktik perancangan pengajaran. Sebagai hasil dari praktik ini adalah berbagai gagasan kegiatan pengajaran bahasa Jepang yang melibatkan keaktifan pebelajar.

Published
2022-11-09
Section
Articles