Implementasi Media Pembelajaran Sosiology Spin Card Terhadap Peningkatan Kompetensi Bernalar Kritis Dalam Kurikulum Merdeka (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X-3 Sma Negeri 61 Jakarta)

Authors

  • Nisrina Ubay Universitas Negeri Jakarta
  • Nadiroh UNJ
  • Handogo UNJ

DOI:

https://doi.org/10.21009/EIPS.007.2.02

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Bernalar Kritis, Sosiologi, Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pembelajaran Sociology Spin Card terhadap peningkatan kompetensi bernalar kritis peserta didik pada mata pelajaran sosiologi materi metode penelitian sosial. Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini. Proses  pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh media pembelajaran yang menarik dan mendorong peserta didik untuk belajar. Media pembelajaran Sosiology Spin Card digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi bernalar kritis peserta didik pada materi penelitian sosial dalam ruang kolaborasi pembelajaran di kelas. Indikator bernalar kritis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kemampuan memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, kemampuan menganalisis dan mengevaluasi penalaran, serta kemampuan merefleksi dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berkaitan dengan instrument yang digunakan menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya adalah implementasi media pembelajaran Sosiology Spin Card dapat meningkatkan bernalar kritis peserta didik dengan persentase peningkatan kegiatan aktivitas guru sebesar 30%, aktivitas peserta didik meningkat 30,9% dan bernalar kritis peserta didik meningkat 30,5%.

References

Amijaya, L. S., & Ramdani, A. d. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, Vol. 13 No. 2, 94-99.

Arikunto, & Suharsimi, d. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. d. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 134-143.

Fazryn, M., & Adiansha, A. A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 3, No. 1, 42-51.

Hartanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian: Academia.

Juniarti, W., & Affandi, L. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Card Match Circle Untuk Kelas IV SDN 36 Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 25-34.

Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 SD. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 5 No. 2, 82-87.

Kurikulum, B. S., & Asesmen, P. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar pada Kurikulum Merdeka. Retrieved from Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar pada Kurikulum Merdeka: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/ wp-content/uploads/2022/07/V.2- Dimensi-elemen-subelemen-Profil- Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum- Merdeka.pdf

Mu'allimin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Ganding Pustaka.

Piyanto, H. K. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Tema Kerukunan Dalam Bermasyarakat Di Kelas Vb Sdn Sambikerep Iii/592 Surabaya. JPGSD FIP, Vol. 03 No. 02, 270- 280. Sebayang, S. R., & Turnip, B. M. (2015). Analysis Learning Model of Discovery and Understanding the Concept Preliminary to Physics Learning Outcomes SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 29-34.

Siswati. (2022). Merdeka Belajar: Menciptakan Siswa Bernalar Kritis, Kreatif Dan Mandiri. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2, No. 6, 289-296.Chaffee, S. H, Mcleod, J. M, & Atkin, C. K (1971). Parental Influences on Adolescent Media Use. American Behavioral Scientist, 14(3), 323-340. https://doi.org/1177/000276427101400304

Sudjana, N., & Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugianto, I., & Suryandari, S. d. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 159-170.

Suminar, D. Y. (2022). Penerapan video interaktif alur merrdeka untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis di SMAN 10. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol. 7, No. 1, 32-39.

Wiriaatmadja, & Rochiati. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Ubay, N., Nadiroh, & Handogo. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Sosiology Spin Card Terhadap Peningkatan Kompetensi Bernalar Kritis Dalam Kurikulum Merdeka (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X-3 Sma Negeri 61 Jakarta). Edukasi IPS, 7(2), 8–14. https://doi.org/10.21009/EIPS.007.2.02

Issue

Section

Articles