Membangun Kecerdasan Ekologis Dengan Menggunakan Konten Kreatif Youtube Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.21009/EIPS.007.2.01Keywords:
kecerdasan ekologis, konten kreatif youtube, kampung adat ciptarasaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menjaga lingkungan dan memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan alam yang rusak serta makhluk hidup lain yang terancam kehidupannya akibat dari aktivitas manusia. Perilaku kepedulian peserta didik terhadap lingkungan di kelas IX-B tergolong dalam kategori rendah, hal tersebut dilihat dari permasalahan yang ditemukan yaitu banyaknya sampah disekitar kelas baik itu di dalam ruangan maupun di luar kelas. Oleh karena itu peserta didik perlu meningkatkan kecerdasan ekologis terutama pada aspek pengetahuan, keterampilan dan partisipasi peserta didik terhadap lingkungan. Pembuatan konten kreatif mengenai kearifan ekologis masyarakat kampung adat Ciptarasa merupakan salah satu upaya untuk membangun kecerdasan ekologis peserta didik. Kajian utama penelitian ini adalah identifikasi nilai-nilai kearifan ekologis masyarakat kampung adat Ciptarasa, hasil identifikasi dibuatkan konten berupa video yang di upload ke media sosial youtube sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pabuaran kelas IX-B. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat kampung adat Ciptarasa memiliki kearifan ekologis yang dapat dijadikan konten kreatif youtube sebagai media belajar IPS meliputi nilai pelestarian hutan, nilai pelestarian sungai, mitigasi bencana, dan pola konsumsi ramah lingkungan. Implementasi penggunaan konten kreatif youtube tentang kearifan ekologis masyarakat kampung adat Ciptarasa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pabuaran menunjukkan hasil yang bagus. Peserta didik memiliki rasa peduli terhadap lingkungan dan alam dan berempati terhadap mahluk hidup dan alam. Penelitian ini merekomendasikan supaya dijadikan rujukan bagi pengembangan pembelajaran IPS yang menggunakan konten kreatif youtube berbasis budaya diberbagai sekolah.
References
ANSORI, F. M., Dadan Rusmana, & Hakim, A. (2020). Kehidupan Keberagamaan Masyarakat Kampung Adat Dukuh Cikelet-Garut, Jawa Barat. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, Vol. 17(No. 2). DOI: 10.15575/al-tsaqafa.v17i2.10455
Asmawati A, Supriatna N, Saripudin D, Ruhimat M. Local Wisdom of the Oral Tradition of Kerinci’s Pno Adat in Social Studies Instruction. European Online Journal of Natural and Social Sciences [Internet]. 2023;12(1):78–83. Tersedia pada: http://www.european-science.com78
Diem, A. F. (n.d.). Wisdom of The Locality (Sebuah Kajian: Kearifan Lokal Dalam Arsitektur Tradisional Palembang). E Journal Universitas Muhammadiyah Palembang, Vol.2(No.4).
Jabbaril, G. A. (2018, April). Ketahanan Hidup Masyarakat Kampung Adat Cirendeu Dalam Perspektif Antropologis. Jurnal Budaya Etnika, Volume 2(No. 1).
Jamil Reza M. Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO. 2021;3:39–46.
Maknun, D. (2017). Ekologi, Populasi, Komunitas, Ekosistem (Juni 2017 ed.). Nurjati Press.
Maryani E, Yani A. Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Dalam Memitigasi Bencana Dan Aplikasinya Sebagai Sumber Pembelajaran Ips Berbasis Nilai.
Maryani, E. Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama
Maskan, M., & Suyono, A. (2019, Desember). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Internet Bagi Guru di Yayasan Mujahidin Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, Vol. 7(No. 1).
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., & Rambe, S. (2023, April). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, Volume 05(No. 04), pp. 15729-15743.
Rinitami Njatrijani. (2018, September). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, Volume 5,(No 1).
Siti Tartila, Eldi Mulyana. Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN IPS. 30 Juni 2022;12(1):8–12.
Sukirman, .. D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching (Cetakan 2 ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Supriatna, N. 2016. Ecopedagogy : Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Titin O:, Widhi S, Sekolah A, Hindu T, Klaten D, Tengah J. Dampak Media Youtube Dalam Proses Pembelajaran Dan Pengembangan Kreatifitas Bagi Kaum Milenial Impact Of Youtube Media In The Learning Process And Creativity Development For Millenials. Vol. 26, Jurnal Widya Aksara. 2021.
Yuberti. (2014). TEORI PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PENDIDIKAN. Anugrah Utama Raharja (AURA).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DEDI SETIAWAN DEDI SETIAWAN, Nana Supriatna, Enok Maryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, pre-prints sites or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater dissemination of published work