Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan Mata Kuliah Menulis Bahasa Mandarin

  • Vanya Zelia UNJ
  • Aprilia Ruby Wikarti Universitas Negeri Jakarta
  • Hasan Universitas Negeri Jakarta
  • Pramawati Andaru Universitas Negeri Jakarta
  • Karina Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Sarah Nadia Universitas Negeri Jakarta
Keywords: evaluation, online distance learning, writing skills, Mandarin language

Abstract

Pandemi telah mengubah wajah pendidikan dunia dan model pembelajaran di seluruh dunia. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ) juga turut mengembangkan pembelajaran daring. Model pembelajaran yang dimaksud tentu saja harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik, capaian pembelajaran serta situasi dan kondisi lainnya.

Tulisan ini membahas mengenai evaluasi terhadap pelaksanaan PJJ daring mata kuliah keterampilan menulis di PSPBM UNJ, mencakupi media pembelajaran yang digunakan, kendala yang dihadapi serta bagaimana PJJ daring memengaruhi motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif melalui survey dan analisis kualitatif pada pembahasannya. Responden yaitu mahasiswa dan dosen PSPBM. Penelitian yang bersifat evaluasi ini merupakan dasar penelitian selanjutnya mengenai pengembangan model PJJ daring keterampilan menulis bahasa Mandarin.

Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pemangku kebijakan dalam menentukan kebijakan yang diperlukan bagi peningkatan mutu pembelajaran; juga dapat menjadi masukan yang sangat penting bagi pengampu mata kuliah agar dapat berpikir lebih kreatif dan solutif dalam mewujudkan kegiatan perkuliahan yang menarik, efisien, dan bermanfaat bagi mahasiswa peserta didik; serta menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi masyarakat umum yang memiliki keterkaitan dengan PJJ daring dalam menentukan berbagai sikap yang diperlukan bagi peningkatan mutu PJJ daring.

Published
2022-02-28