Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemahiran Bahasa Mandarin

  • Chandra Efendi Universitas Sriwijaya
  • Fakhili Gulo Universitas Sriwijaya
  • Makmum Raharjo Universitas Sriwijaya
Kata Kunci: Bahasa Mandarin, HSK, Multimedia, Lectora Inspire

Abstrak

Bahasa Mandarin berkembang pesat beberapa tahun ini, terutama setelah tes kemahiran berbahasa Mandarin Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) diluncurkan. Ujian Standardisasi HSK diperuntukkan bagi siswa asing terdiri dari level dasar yaitu HSK 1 dan HSK 2 , Level menengah HSK 3 dan HSK 4, serta Level tinggi HSK 5 dan HSk 6. HSK 3 yang tergolong tingkat menengah merupakan titik awal kesulitan pembelajaran bagi siswa asing di mana penggunaan bantuan pelafalan mulai dihilangkan. Penelitian ini berfokus pada analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk meningkatkan kemahiran siswa yang selama ini belajar untuk menempuh ujian HSK 3. Kemampuan dan kefasihan guru dalam penggunaan peralatan multimedia dan proses pembelajaran berbasis multimedia merupakan pondasi kuat dalam pengembangan produk selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan multimedia interaktif dapat membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran HSK 3 serta meningkatnya motivasi siswa dalam pembelajaran, adanya multimedia interaktif membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih mudah. Hal ini mendasari pengembangan materi pembelajaran HSK berbasis multimedia interaktif.

Diterbitkan
2023-08-27