Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Jaringan Bahasa Mandarin di SMA Negeri 19 Jakarta

The Use of Google Classroom in Chinese Language Online Distance Learning at SMA Negeri 19 Jakarta.

  • Angelica Maria Universitas Negeri Jakarta
  • Vanya Zelia Universitas Negeri Jakarta
  • Hudiyekti Prasetyaningtyas Universitas Negeri Jakarta
Keywords: PJJ Daring, Media Pembelajaran, Google Classroom, Praktik Kompetensi Mengajar, Bahasa Mandarin

Abstract

Maria, Angelica. 2023. Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Jaringan Bahasa Mandarin di SMA Negeri 19 Jakarta. Skripsi, Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.

      Covid-19 telah memberikan pengaruh pada bidang pendidikan, yaitu kegiatan pembelajaran yang pada awalnya berlangsung secara tatap muka di sekolah berubah menjadi kegiatan pembelajaran dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh dalam jaringan (PJJ daring). Dengan demikian, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Google Classroom pada PJJ daring Bahasa Mandarin di SMA Negeri 19 Jakarta, serta memaparkan kelebihan dan kekurangan Google Classroom pada PJJ daring bahasa Mandarin di SMA Negeri 19 Jakarta menurut guru pamong dan guru Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom sebagai media PJJ daring bahasa Mandarin dapat terlaksana dengan baik. Fitur yang sering digunakan adalah fitur penugasan, penilaian, komunikasi, dan aplikasi dalam telepon genggam, sedangkan fitur yang jarang digunakan adalah fitur laporan orisinalitas dan arsip program. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, dapat diketahui pendapat guru pamong dan guru PKM Bahasa Mandarin di SMA Negeri 19 Jakarta mengenai fitur komunikasi. Menurut guru pamong, Google Classroom hanya dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar pada kolom komentar tugas. Namun demikian, menurut guru PKM, Google Classroom dapat digunakan untuk berdiskusi baik dalam kegiatan pembelajaran maupun evaluasi hasil belajar.

Published
2023-10-31