ALIH KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA 2020A PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Oky Kusumawardani Sutedjo Universitas Negeri Surabaya
  • Nisrina Ikananda Rahmanita Universitas Negeri Surabaya
  • Agam Zamzani Student

DOI:

https://doi.org/10.21009/Fenghuang.203.01

Keywords:

Mandarin, Sociolinguistic, Code Switch

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui alih kode yang dilakukan penutur serta penyebab terjadinya alih kode pada mahasiswa 2020A Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Peneliti mengumpulkan data yaitu dengan observasi di lapangan saat pembelajaran berlangsung. Data yang ditemukan yaitu, tujuh data alih kode intern, dua belas data alih kode ekstern. Sehingga, total data yang ditemukan sembilan belas data alih kode.

Abstract

The purpose of this study is to find out the code transfer carried out by speakers and the causes of code switching in 2020A students of the Chinese Language Education Study Program. The research method used is qualitative descriptive. The technique used in this study is in the form of the Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) technique. Researchers collect data by observation in the field during learning. The data found are, seven internal code transfer data, twelve external code transfer data. Thus, a total of nineteen data were found over code.

Downloads

Published

2024-03-22