INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight <p>Jurnal Pendidikan, Bimbingan dan Konseling</p> en-US <p style="font-weight: 400;">Authors who publish with this Journal agree to the following terms:</p> <ol> <li style="font-weight: 400;">Author&nbsp;<u>retain copyright&nbsp;</u>and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a&nbsp;<u>creative commons attribution license</u>that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.</li> <li style="font-weight: 400;">Authors are&nbsp;<u>able to enter into separate, additional contractual arrangement</u>for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).</li> <li style="font-weight: 400;">Authors are&nbsp;<u>permitted and encouraged to post their work online</u>(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.</li> </ol> <p>Users/public use of this website will be licensed to&nbsp;<a href="https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/" target="_blank" rel="noopener">CC BY&nbsp;</a></p> karsih@unj.ac.id (Karsih) hilma@unj.ac.id (Hilma Fitriyani) Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kesiapan Diri Remaja Yang Hamil Di Luar Nikah Dalam Menjalani Pernikahan Dini Dan Berkeluarga (Married By Accident) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29844 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan diri yang dimiliki oleh ketiga pasangan subjek remaja yang hamil di luar nikah di Kelurahan Kota Baru Bekasi Barat. Penelitian ini memfokuskan pada kesiapan menikah terhadap ketiga pasangan subjek remaja yang hamil di luar nikah terkait dalam kesiapan dirinya dalam menjalani pernikahan dini dan juga dalam berkeluarga di usia yang masih sangat muda. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> berjumlah 6 orang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam <em>(in depth interview),</em> observasi dengan turun secara langsung mengamati para subjek serta juga dengan menggunakan studi dokumentasi. Data tersebut didukung dengan adanya tambahan dari hasil wawancara dengan tenaga kesehatan di Kelurahan Kota Baru Bekasi Barat yaitu dengan bidan yang menangani kasus kehamilan di luar nikah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga pasangan subjek remaja yang hamil di luar nikah tidak memiliki kesiapan diri dalam menghadapi sebuah pernikahan dan dalam membangun keluarga di usianya yang masih sangat muda.</p> Ajeng Fitriani Sasmita, Herdi Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29844 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Gambaran Self-Acceptance (Penerimaan Diri) Pada Remaja yang Tinggal Bersama Orang Tua Tunggal Ibu https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/30673 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang penerimaan diri pada remaja yang tinggal dengan orang tua tunggal ibu. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan utama dalam penelitian ini adalah 1 orang remaja akhir yang hidup dalam pengasuhan orangtua tunggal. eknik sampel yang digunakan adalah teknik purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam atau indepth interview. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara yang dikembangkan berdasar pada teori penerimaan diri Arthur Thomas Jersild (1978). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber, dengan melibatkan Ibu dan juga sahabat dari informan utama, triangulasi teori, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki penerimaan diri yang baik. Penerimaan diri yang baik karena adanya dukungan, motivasi, pola pengasuhan tunggal yang baik serta peran keluarga yang harmonis sehingga mempengaruhi penerimaan diri informan.</p> Anisa Chelsea Islami, Hilma Fitriyani Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/30673 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Layanan Konseling Krisis: Mengatasi Masalah Traumatik Siswa Yang Menjadi Korban Bullying https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/31982 <p>Kasus bullying tidak dapat dianggap sebagai permasalahan yang sepele. Masih banyak kasus bullying yang terjadi pada siswa di Indonesia. Kejadian-kejadian bullying tersebut dapat menimbulkan kondisi krisis pada siswa. Adanya layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat memudahkan siswa untuk mengatasi atau melewati kondisi krisis tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji layanan konseling krisis untuk membantu siswa yang menjadi korban bullying. Metode yang digunakan yaitu berupa kajian literatur. Dimana penulis mengkaji data-data yang ditemukan dari karya penulis lain. Konseling krisis merupakan sebuah pendekatan dalam memberikan bantuan oleh seorang profesional terhadap individu yang mengalami kondisi krisis dalam dirinya. Terdapat berbagai variasi pendekatan dapat digunakan dalam pelaksanaan konseling krisis dapat misalnya&nbsp; pendekatan realita, pendekatan perilaku (<em>behavioral</em>), pendekatan SFBC, pendekatan person centered, pendekatan kognitif, dan sebagainya. Konseling krisis juga memiliki beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap transisi, tahap kerja, dan tahap terminasi. Penerapan konseling krisis tersebut sangat bermanfaat bagi siswa, dimana siswa berhasil melewati kondisi krisisnya sehingga tidak menimbulkan trauma yang mendalam. &nbsp;&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Konseling Krisis, Siswa, Bullying, Traumatik</p> Ardini Farzana Yurianto Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/31982 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Narco Card Dengan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Bahaya Narkotika Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29879 <p>Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja tahun 2018 semakin meningkat sebesar 24 hingga 28 persen. Penyalahgunaan narkotika pada remaja penting sekali untuk diperhatikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu memberikan layanan preventif di sekolah. Metode make-a-match (mencari pasangan) merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan kartu sebagai media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa sekolah menengah atas tentang bahaya penyalahgunaan narkotika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation) yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, guru BK, dan peserta didik. Hasil penilaian ahli media mencapai 85% dan ahli materi 72%. Kemudian, hasil uji pengguna pada guru BK mencapai 82%, uji coba pengguna pada peserta didik 89%, dan hasil uji kinerja peserta didik mencapai 89%. Hasil keseluruhan dari pengembangan media Narco Card sebagai media untuk pemberian informasi narkotika dikategorikan sangat layak.</p> Asma Nur Azizah, Michiko Mamesah Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29879 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Hubungan Resiliensi Akademik dan Optimisme dengan Stres Akademik Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Tahun Pertama di Boarding School https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29754 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan resiliensi akademik dan optimisme dengan stres akademik pada peserta didik sekolah menengah atas tahun pertama di Boarding School. Metode yang digunakan yaitu korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 274 peserta didik kelas X di Husnul Khotimah Boarding School. Pengambilan sampel menggunakan <em>incidental sampling</em>. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu <em>Educational Stress Scale for Adolescent (ESSA), </em><em>Life Orientation Test – Revised</em> (LOT-R), dan <em>The Academic Resilience Scale</em> (ARS-24). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara resiliensi akademik dan optimisme dengan stres akademik pada peserta didik sekolah menengah atas tahun pertama di <em>Boarding School</em> dengan koefisien korelasi didapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar -0.162 dan nilai signifikansi 0.027 (p&lt; 0.05). Pada instrumen ESSA aspek tertinggi berada pada aspek <em>pressure from study</em> yang ditandai dengan banyaknya tuntutan, persaingan antar teman, dan khawatir terhadap studi lanjutan. Sedangkan untuk aspek terendah yaitu <em>despondency</em> ditandai dengan peserta didik cenderung cukup memiliki rasa percaya diri untuk mencapai target akademik. Selanjutnya pada instrumen ARS-24 aspek tertinggi berada pada <em>perseverance</em> yang ditandai dengan peserta didik cukup mampu menghadapi kesulitannya, berusaha keras mengerjakan tugas sekolah, dan mampu meningkatkan nilai akademiknya. Sedangkan untuk aspek terendah yaitu negative affect and emotional response, ditandai dengan peserta didik kurang mampu merespon emosi-emosi yang muncul. Pada instrumen LOT-R aspek tertinggi yaitu optimis ditandai dengan peserta didik cenderung menghadapkan hal-hal baik yang terjadi. Sedangkan aspek terendah yaitu pesimis ditandai dengan peserta didik cenderung pasrah jika hal buruk terjadi.</p> Asysyifa Takril, Herdi Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29754 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Aplikasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Android Untuk Pengembangan Karir Siswa https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/28014 <p>Bimbingan karir merupakan bagian dari Bimbingan dan Konseling (BK) untuk membantu siswa memenuhi tahap perkembangannya. Keterbatasan waktu dan ketidakseimbangan rasio guru BK dan siswa menjadi hambatan sehingga tidak terlaksananya bimbingan karir secara efektif di sekolah. Aplikasi BK menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari penelitian kepustakaan. Aplikasi yang ditinjau adalah Halo BK yang dikembangkan oleh SMA Negeri 9 Pekanbaru. Aplikasi ini memiliki fitur yang mampu meningkatkan kematangan karir siswa yaitu ruang konsultasi, rasionalisasi nilai rapor, dan perencanaan karir. Kelebihan dari aplikasi e-career ini antara lain efisien dan efektif, mampu memunculkan potensi siswa, tidak terbatas ruang dan waktu, serta menyediakan layanan secara <em>online</em> dan <em>offine</em>. Kekurangan aplikasi ini antara lain tidak adanya informasai mengenai dunia kerja dan Perguruan Tinggi Swasta, tidak melibatkan orang tua dalam perencanaan karir,&nbsp; dan kemungkinan keterlambatan balasan konsultasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan, harapannya peneliti selanjutnya akan melanjutkan untuk terus berinovasi dan mengembangkan aplikasi e-career yang dapat mengatasi kelemahan e-career sebelumnya serta dapat didistribusikan secara merata ke sekolah-sekolah di Indonesia.</p> Gina Sintya, Gina Sintya Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/28014 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29761 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Cibadak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 165 siswa kelas IX. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>simple random sampling</em>. Alat pengumpulan data menggunakan tiga instrumen penelitian, yaitu instrumen <em>Multidimensional Scale of Perceived Social Support</em> (MSPSS) yang merupakan hasil adaptasi dari Ramadanti (2021), sedangkan instrumen <em>General Self-Efficacy Scale</em> (GSES) dan instrumen <em>Procrastination Assessment Scale-Student</em> (PASS) diadaptasi oleh peneliti. Hasil uji validitas menunjukkan semua butir valid. Uji reliabilitas pada GSES sebesar 0.720, MSPSS sebesar 0.864 dan pada PASS sebesar 0,902. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, hal ini menjelaskan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial tidak terbukti sebagai faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik.</p> Siti Haniifah Az'zahrah, Herdi Herdi Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29761 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengembangan Buku Berjendela Pengenalan Karier Sebagai Media Bimbingan Kelompok Di Sekolah Dasar https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29830 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan kepada peserta didik mengenai pengenalan karier terkait ragam profesi atau jenis – jenis pekerjaan yang dapat berguna bagi masa depan mereka salah satunya dengan media buku berjendela. Rata – rata pengetahuan peserta didik mencapai 58.33 % artinya pengetahuan rata – rata rendah akan ragam pekerjaan atau jenis – jenis pekerjaan. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau total. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 4 yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berbasis desain (<em>design-based research)</em>. Pengumpulan data menggunakan instrumen rancangan pengetahuan ragam pekerjaan di Sekolah Dasar (SD), angket, dan wawancara. Penelitian ini sampai tahap evaluasi uji ahli materi dan media. &nbsp;Hasil uji ahli materi mendapatkan skor dengan persentase 75 % (layak) dan uji ahli media mendapatkan skor dengan persentase 81,81% (sangat layak). Dapat disimpulkan bahwa buku ini sangat baik digunakan dalam proses layanan Bimbingan dan Konseling (BK) khususnya layanan bimbingan kelompok untuk pengenalan karier di Sekolah Dasar (SD) Sekolah Alam Matoa namun masih perlu diperbaiki terkait dengan perlunya mencantumkan pekerjaan pada masa revolusi industri atau pemanfaatan bisnis digital dan gambaran penghasilan dari sebuah profesi/ pekerjaan.&nbsp; Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mneruskan penelitian sampai tahap tahap refleksi dengan uji coba terhadap peserta didik</p> Wirda Hanim, Happy Karlina Marjo, Siti Lailatul Fadilah Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29830 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Instagram Mengenai Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29472 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten media Instagram mengenai jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan model <em>design based research</em> (DBR) dengan tiga tahapan inti yaitu, analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 SMAN 81 Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 140 peserta didik yang didapat menggunakan metode <em>non-probalility sampling. </em>Pengumpulan data didapat dengan menggunakan penyebaran angket kepada peserta didik kelas 10 SMAN 81 Jakarta. Pengujian media Instagram dilakukan melalui dua uji ahli, yaitu uji ahli media dan uji ahli materi. Selain itu, pengujian media juga dilakukan melalui uji pengguna yaitu guru BK SMAN 81 Jakarta sebagai pengguna media bimbingan dan konseling. Hasil uji validasi ahli materi dengan persentase sebesar 64% dengan kategori layak, uji validasi ahli media dengan persentase sebesar 79%&nbsp; dengan kategori layak. Hasil uji coba pengguna kepada salah satu guru BK mendapatkan persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan media Instagram mengenai jalur seleksi masuk perguruan tinggi dikategorikan layak digunakan.</p> Bela Riesti Fauziah, Aip Badrujaman Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29472 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700 Gambaran Tingkat Mindful Self-Care Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang Sedang Menyusun Skripsi https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29839 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gambaran tingkat <em>mindful self-care</em> (perawatan diri penuh perhatian) pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyusun skripsi, mengingat masa penyusunan skripsi adalah masa dengan dengan kerentanan akan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek berjumlah 392 mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi. Teknik <em>sampling</em> yang digunakan adalah <em>convenience sampling</em>, dengan alat pengumpul data <em>Mindful Self-Care</em> <em>Scale</em> (MSCS). Hasil uji validitas menunjukkan terdapat 4 pernyataan yang tidak valid, namun tetap digunakan dengan kalimat yang telah diformulasikan kembali. Hasil uji reliabilitas menunjukkan instrumen MSCS reliabel dengan skor <em>Cronbach’s Alpha</em> 0.909. Hasil penelitian menunjukkan tingkat <em>mindful self-care</em> mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyusun skripsi berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3.8 dari 5, yang berarti rata-rata responden melakukan <em>mindful self-care</em> kurang lebih 3-4 hari dalam satu minggu. Aspek yang memiliki skor rata-rata paling tinggi adalah <em>Mindful </em><em>A</em><em>wareness</em>, yaitu mahasiswa menyadari dan menerima mengenai pikiran dan perasaannya; dan melibatkan pikiran dan perasaannya sebelum bertindak, dan paling rendah adalah <em>Physical </em><em>C</em><em>are</em>, yaitu mahasiswa tidak berolahraga setidaknya 30 - 60 menit perhari; tidak melakukan olahraga yang terjadwal; memilih kegiatan yang lebih santai dibanding berolahraga; dan tidak menjadwalkan olahraga setiap hari. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki memiliki skor rata-rata yang sedikit lebih tinggi yaitu sebesar 3.84, sementara perempuan memiliki skor rata-rata sebesar 3.78. Dari 8 fakultas yang dilibatkan dalam penelitian, Fakultas Ilmu Keolahragaan mendapat skor tertinggi, sementara Fakultas Ilmu Pendidikan mendapat skor terendah. Penjelasan dapat dibaca lebih jauh dalam pembahasan hasil penelitian.</p> Anisa Zahra, Hilma Fitriyani Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/29839 Mon, 05 Dec 2022 00:00:00 +0700