The Influence of Price, Ease of Use, and Product Quality on Consumer Purchase Interest in skincare product.
DOI:
https://doi.org/10.21009/ISC-BEAM.013.184Keywords:
price, ease of use, product quality, consumer purchase interestAbstract
This study explores the influence of price, ease of use, and product quality on consumer purchase interest in skincare products. With consumer purchase intention being a critical measure of commitment, factors such as price, product usability, and quality play essential roles in consumer decision-making. Price reflects not only affordability but also value alignment with product quality, impacting consumer perception and purchasing choices. Ease of use, often assessed by user perception of a product's simplicity and efficiency, can encourage consumer engagement if the product is straightforward and minimizes learning time. Quality, a key competitive advantage, represents a product's ability to meet or exceed customer expectations. This research will examine how each of these factors individually and collectively affects consumer interest in skincare products, aiming to provide insights for companies to enhance marketing strategies and align product offerings with consumer demands. By analyzing these variables, the study seeks to contribute to a deeper understanding of the relationships influencing purchase intention, helping businesses optimize price points, usability, and quality to improve consumer satisfaction and loyalty.
References
Adinda Naila Syifa, & Terra Saptina Maulani. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Tiket Kereta Api Secara Online Menggunakan Aplikasi KAI Access (Studi Kasus PadaMasyarakat Kota Bandung). https://kip.kereta-api-co.id
Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE PRODUK SERUM SOMETHINC. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.353
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo).
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). 6(3), 96–107. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah
Anisa, C., & Zakiyah, Z. (2021). PENGARUH KOREAN WAVE DAN BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN KOREA.
Arif, S. SH. , M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI BERAS (STUDI PADA PELANGGAN PENGGILINGAN PADI “CAPING PETANI” SIDOARJO).
Attaqi, M. F., & Ign, A. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Niat Beli Ulang.
Azkia Rahma Pradinda, & Nurfahmiyati. (2023). Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 101–110. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2857
Azrullah, M. M., Suriyok, K., Tinggi, S., Ekonomi, I., Bangil, Y., & Diterima, D. D. (2022). Pengaruh Harga, Produk Dan Tempat Terhadap Minat Beli Pelanggan (Studi pada UKM Chicken Shilin Kampung Yadika Bangil) (Vol. 10, Issue 1).
Bagus, Y. P., & Tjahjaningsih, E. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, GAYA HIDUP, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA LIPAT DI KOTA SEMARANG. https://iprice.co.id/
Bella, S., & Setiawan, B. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DI DESA KARANG BARU KABUPATEN BANYUASIN.
Cut Nurul, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, EFEKTIVITAS
DAN RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN
FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH)
(Studi Pada Masyarakat Kota Medan).
CYNTHIA SYERIN PERDANA PUTRI, JATI HANDAYANI, & TRIBEKTI MARYANTO AGUSTINUS. (2021). KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG CYNTHIA SYERIN PERDANA PUTRI* JATI HANDAYANI TRIBEKTI MARYANTO AGUSTINUS. 9(2), 173–183. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/keunis
Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). The Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.434
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392
E. Gae, B., R. Lole, U., Yasinta Luruk, M., & M. Sol’uf, M. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Olahan Daging Babi Nabas Di Kota Kupang. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 507–518. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i3.1369
Edbert, J., & Lilik, I. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELAKUKAN PEMBAYARAN MENGGUNAKAN QRIS.
Febiyati, L., & Aqmala, D. (2022). PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA GRAB MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. In JMDB (Vol. 1, Issue 1).
Fitri Nurul Azmi, & Arif Sudaryana. (2021). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KUALITAS
INFORMASI, E-SERVICE QUALITY, ONLINE CONSUMER
REVIEWS, DAN ONLINE TRUST TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN ONLINE MELALUI SHOPEE.
Hanif, R. (2022). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT GUNA MELALUI KEPERCAYAAN PADA PENGGUNA DOMPET DIGITAL GOPAY. https://doi.org/10.25273/The
Hendra Priyatna, E., Eky Pambudi, J., & Dewi, E. (2022). MINAT MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL OVO: KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN INTEREST IN USING OVO DIGITAL WALLET: EASY OF USE AND CUSTOMER SATISFACTION. In DIGIBIS: Digital Business Journal (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/digibis
Hidayat, M. S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA GRESIK. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 6, Issue 4).
Islamiyah, K., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Kuliah di Surabaya). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1567. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579
Isnaeni Agustin, W., & Harry, S. (2020). DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN GOFOOD DI KOTA SEMARANG): Vol. XIX (Issue 2).
Izzah, N. M., & Ivo, N. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA.
Kasman, K., Abdillah, D. J., & Yusuf, M. (2023a). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MARKETPLACE LAZADA. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2274–2293. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810
Kasman, K., Abdillah, D. J., & Yusuf, M. (2023b). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MARKETPLACE LAZADA. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2274–2293. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810
Kurniawan Putra, D., & Lusia, A. (2023). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK).
Lapian, J. L. H. V. J., & Loindong, S. S. R. (2023). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE, AND ADVERTISING ON CONSUMERS’ INTEREST TO BUY IN THE CODASHOP APPLICATION. Jurnal EMBA, 11(1), 1033–1041. www.suara.com
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e (Vol. 2, Issue 3).
Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2022). PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO NAZURAH HIJAB DI KUBANG TUNGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. JUNI, 4(2), 375–386.
Maulana, A. (2022). PENGARUH HARGA, BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING.
Mega Puspita, C., & Budiatmo, A. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.
Mutiara, E. M. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Shopee di Kabupaten Kebumen).
Nofridasari, E. A. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, KEPERCAYAAN, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN TELKOMSEL CASH (T-CASH).
Persepsi Pemahaman Pajak, P., Penggunaan, K., Sosial Dan Kesiapan Teknologi Informasi, F., Lestari, A., & Kholis, N. (2020). Terhadap Penggunaan E-Filing (Studi pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Surakarta) (Vol. 12, Issue 1). www.kemenkeu.go.id
Prasetia, I. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Manfaat Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Pembelian Ulang Pada Aplikasi Shopee Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4
Qoes Atieq, M., & Nurpiani, E. (2022). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT DAN RISIKO TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH (Survey Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). 2. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1
Ratna Sari, Y., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. In Business and Entrepreneurship Journal (BEJ) e-ISSN (Vol. 3, Issue 1).
Renaningtyas, A. R., Dwi Wahyuni, A., & Oktarina, L. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN KONSUMEN: PROMOSI, HARGA DAN PRODUK (LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN). 3(5). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5
Rohmatul Ummat, & Kristina Anindita Hayuningtias. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NATURE REPUBLIC.
Rokh Eddy, P., Kis, I., & Anggita Dian, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAH RAGA MEREK ADIDAS(Studi di Kota Semarang).
Rumbiati, & Heriyana. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online. In Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).
Sadiyah, H., Wijaya, U., & Surabaya, P. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. In IMKA Implementasi Manajemen & Kewirausahaan (Vol. 1, Issue 2).
Sandi, K., Hasibuan, R. R., & Ulya, W. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN RISET DI BUSINESS CENTER PURBALINGGA3. In DFAME : Digital Financial Accounting Managemeng Economics Journal: Vol. X, No. X.
Saputra, A. B., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/55
Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2153. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1522
Saputro, A. ang W., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Second Brand. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.515
Sari, C., & Rodhiah. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Kinerja Operasional Terhadap Minat Beli Pelanggan Lazada.
Sari Fatmalawati, D., & Noor Andriana, A. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KOSMETIK PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION.
Sari, P. S., & Salmah, N. N. A. (2020). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 411. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.184
Sihombing, D. A., & Juliasari, F. A. (2022). Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Pembelian Konsumen Gofood Di Kalangan Mahasiswa IBM asmi.
Sridayanti Banjarnahor, K., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Ferizy dan Persepsi Harga Terhadap Penggunaan Ulang Layanan di PT ASDP Indonesia Ferry (Studi Kasus Penumpang Rute Merak-Bakauheni). https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i3
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO) THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND ADVERTISING SOCIAL MEDIA ON BUYING INTEREST AT SHOPEE E-COMMERCE (STUDY ON STUDENTS OF THE FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS SAM RATULANGI UNIVERSITY). In 304 Jurnal EMBA (Vol. 9).
Wagiyem, & Niken, S. L. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Brand Image. 3(1). http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/RAAR/
Wahyudianto, M. Z. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI BUTUHBAJU.COM. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, Issue 4).
Wicky, L., Rudy, W., & Sjendry, L. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat apengguna E-Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.
Yosi Pratama. (2015). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
KONSUMEN PO. ROSALIA INDAH DI PALUR KARANGANYAR DENGAN
FASILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI.
Yunita, N., & Seltika Canta, D. (2021). PENERAPAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM
MENGUKUR PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN
PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI. 2(5).
Bakti, U., Hairudin., & Setiawan, R., (2021) PENGARUH HARGA, PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR PADA DEALER PT. YAMAHA PUTERA LANGKAPURA
Hermawan, E. (2023). Pengaruh Niat Beli: Analisis Persepsi Harga, Pengetahuan Produk dan Citra Perusahaan. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v1i1
Li, J., Guo, F., Xu, J., & Yu, Z. (2022). What Influences Consumers’ Intention to Purchase Innovative Products: Evidence From China. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.838244
Perdana Siregar, A., Tannady, H., Jusman, I. A., Cakranegara, P. A., & Arifin, M. S. (2022). The Role Of Product Price And Brand Image On Purchase Decision Of Cold Pressed Juice Re.Juve Product Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re.Juve. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Putri Sari, S. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147–155.
Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293
Susanti, D. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK TUPPERWARE PADA PERUMAHAN GRIYA TIKA UTAMA PEKANBARU. www.topbrand-award.com,
Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PERSAINGAN TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291
Fauzan, A., & Rohman, A. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR KAWASAKI. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis