Introduction to Culture in Japanese Language Learning Research in SMAN 75 Jakarta)

Authors

  • Cut Erra Rismorlita Teaching Staff of Japanese Language Education Study Programme, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/ISLLAE.01117

Keywords:

Pengenalan Budaya, Pembelajaran Bahasa Jepang, Sekolah Menengah Ataa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman secara mendalam tentang pengenalan budaya dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 75 Jakarta Utara. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode observasi. Sedangkan pengumpulan data dengan melakukan studi dokumentasi, rekaman video, catatan lapangan, dan wawancara mendalam yang disesuaikan dengan setting penelitian ini. Hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penetapan kurikulum/pembuatan rancangan silabus terkait dengan pengenalan budaya. (2) pemilihan materi ajar, pendekatan danĀ  metode pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter siswa menggunakan pengenalan budaya agar membangkitkan motivasi belajar siswa. (3) kegiatan proses pembelajaran dihadirkan dalam konteks yang lebih nyata berupa project presentation, bermain peran, praktek budaya secara langsung dan lain-lain, sehingga dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2019-01-31