The Effectiveness of the Role Play Method Using Role Cards on Kaiwa Learning in Improving Speech Ability

Authors

  • Alo Karyati Universitas Pakuan Bogor

DOI:

https://doi.org/10.21009/ISLLAE.01108

Keywords:

Metode, Kartu Peran, Kaiwa, Keterampilan Berbicara

Abstract

Kemampuan untuk memiliki keterampilan berbicara merupakan faktor penting dalam kelas Kaiwa/dalam kelas berbicara. Berbicara adalah sarana komunikasi untuk mengekspresikan ide, tujuan, dan niat pembicara. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara perlu ada metodologi yang tepat. Teknik-teknik sebelumnya dalam pengajaran kaiwa terutama berfokus pada pertanyaan dan jawaban, menghafal, dan diskusi dengan tema yang disiapkan. Jenis kegiatan ini terbukti tidak memuaskan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Metode penelitian ini menggunakan kartu peran untuk siswa di universitas di semester 2, 3, dan 4. Langkah-langkah metode ini yaitu: guru memberikan kartu peran kepada siswa dan ditulis dalam bahasa Indonesia, siswa membaca kartu kemudian melakukan instruksi. Peningkatan keterampilan menggunakan L2 tidak hanya terlihat dalam kepercayaan diri siswa, tetapi juga bagi tutor dan penutur asli. Teknik ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi lebih jauh kemampuan berbicara mereka. Metode yang digunakan eksperimen kuasi. Ini juga memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan mereka di bunpou dalam kelas Kaiwa.

Downloads

Published

2019-01-31