Using Games to Practice Speaking Skills
DOI:
https://doi.org/10.21009/ISLLAE.01116Keywords:
Keterampilan Berbicara, Permainan, Permainan dengan Jawaban Ya/Tidak, Permainan dengan Gambar, untuk Bertukar Informasi, Permainan dengan Daftar Kosakata/Permainan Dialog (Dialogspiel)Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi guru/dosen dalam membelajarkan bahasa Jerman adalah sulitnya mengajak pembelajar/mahasiswa untuk berbicara. Kebanyakan diantara mereka baru akan berbicara, misalnya bila diminta untuk menjawab pertanyaan.Tentu saja banyak hal yang menyebabkan kurangnya keterlibatan mereka dalam pembicaraan lisan dalam pembelajaran bahasa Jerman, diantaranya adalah : kurangnya penguasaan kosakata dan gramatik, charakter individu pembelajar, dan adanya hambatan berbicara atau rasa takut untuk berbicara. Untuk mengatasi permasalahan tersebut seorang pengajar perlu melakukan sesuatu, misalnya mencari strategi atau tehnik yang memungkinkan menyelenggarakan pembelajaran, dimana semua pembelajar aktif berbicara.Dalam makalah ini akan dipaparkan tentang pengalaman, pengetahuan dan kajian teoretis terkait penggunaan permainan dalam melatihkan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberikan ide kepada para pengajar untuk pelaksanaan pembelajaran mendatang. Permainan yang dimaksud adalah terutama permainan yang dibentuk atau dibangun melalui pertanyaan yang jawabannya ja/tidak, permainan dengan menggynakan gambar, yang merupakan permainan untuk bertukar informasi, dan permainan dengan daftar kosakata/permainan dialog (Dialogspiel), yang dimainkan dengan cara pesertanya membentuk lingkaran